Pemkot Bogor Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan mulai membiasakan warganya untuk menggunakan transportasi dengan tenaga listrik. Ini dilakukan untuk menuju transportasi ramah lingkungan atau transportasi hijau.

Ikhtiar tersebut dimulai dengan melakukan kerja sama pengadaan sepeda listrik yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot Bogor yang ditandatangani Wali Kota Bogor, Bima Arya dengan PT Beam Mobility Indonesia yang ditandatangani Head Of Public Affairs & Government Relation PT Beam Mobility Indonesia, Ady Muzadi dalam kegiatan peluncuran sepeda listrik di Pedestrian Sistem Satu Arah (SSA), Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Jumat (23/9/2022).

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, hari ini Kota Bogor memulai lagi babak baru untuk fasilitas publik dengan memasuki era baru, transportasi baru yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Kita akan mendorong penggunaan kendaraan listrik mulai tahun ini di Kota Bogor. Kita bermitra dengan Beam untuk membuat warga Bogor terbiasa dengan kendaraan listrik,” ujarnya

Pada tahap awal ada 100 titik tempat penyewaan sepeda listrik di Kota Bogor dengan armada yang disiapkan sebanyak 665 unit sepeda listrik.

“Harganya ini terjangkau bagi warga Bogor yang mau kerja, mau yang jalan-jalan mangga silahkan,” katanya.

Kota Bogor menjadi kota pertama di Indonesia yang dipilih PT Beam Mobility Indonesia untuk melakukan kerja sama menyediakan sepeda listrik.

Kerja sama ini kata Bima Arya, merupakan langkah awal Kota Bogor agar warganya terbiasa menggunakan transportasi yang ramah lingkungan.

Saat ini Kota Bogor juga sedang berproses menyiapkan konversi bus diesel menjadi bus listrik dan konversi angkutan kota menjadi angkutan bertenaga listrik serta kendaraan operasional di lingkungan Pemkot Bogor dengan kendaraan listrik.

Di lokasi yang sama, Head Of Public Affairs & Government Relation PT Beam Mobility Indonesia, Ady Muzadi mengatakan, penggunaan sepeda listrik ini sangat mudah dan terjangkau.

“Caranya sesimple dengan kita mendownload dulu aplikasi Beam, selanjutnya kita melakukan scan barcode yang ada di sepedanya dan bisa langsung dipakai. Pembayaran bisa pakai digital payment seperti shopeepay gopay dan debit dan lain-lain,” ujarnya.

Dari sisi keamanan pihak PT Beam Mobility Indonesia juga menyediakan asuransi bagi penggunanya.

Sehingga ketika terjadi sesuatu di jalan saat masyarakat menggunakan sepeda listrik itu sudah terlindungi oleh asuransi.

“Dan ini sudah dirancang khusus, sehingga ini hanya bisa digunakan di 100 titik di wilayah Kota Bogor. Jadi jika melintasi batas kabupaten itu tidak bisa,” katanya. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Exit mobile version