Bogor Jadi Kota Inovasi! BIA 2024 Sukses, Pemenang Raih Jutaan Rupiah

Pemenang Bogor Innovation Award 2024 menerima penghargaan

Sorotrakyat.com | Kota Bogor –
Bogor Innovation Award (BIA) 2024 resmi ditutup Kamis (5/9/2024). Belasan pemenang dari beberapa kategori raih penghargaan. Kota Bogor, makin memantapkan diri sebagai kota inovasi di Indonesia.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah saat menutup BIA 2024 yang dilansungkan di Bogor Creative Centre (BCC). 

Syarifah mengatakan, di skala internasional ada beberapa negara yang memiliki banyak inovasi. Seperti di negara maju yakni Jepang, Korea, Singapura hingga Swiss. 

“Alhamdulillah, untuk Kota Bogor kita menambah identitas baru. Selama ini, Kota Bogor dikenal kota heritage, green city, dan smart city. Identitas yang ingin kita tambah yakni kota yang scientist dan kreatif lewat inovasi,” kata Syarifah.

Kota yang memiliki banyak inovasi, sambung Syarifah, adalah ciri kota yang maju. Sehingga inovasi dan kreativitas harus terus dibangun agar mencapai tujuan tersebut. Inovasi yang sudah eksisting saat ini menjadi keunggulan komparatif yang dimiliki Kota Bogor.

“Apalagi kita punya banyak lembaga penelitian, perguruan tinggi yang menjadi sumber sains bagi kita semua. Kita harus sama-sama menyongsong Indonesia Emas dan mampu bersaing di dunia internasional,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Riset Daerah (Bapperida) Kota Bogor, Rudy Mashudi mengatakan, animo masyarakat untuk mengikuti BIA cukup meningkat.

Pada tahun 2024 ini, BIA diikuti oleh 209 peserta. Naik dari tahun sebelumnya yang hanya 134 peserta. Mereka semua, para pemenang juga akan mendapatkan fasilitas yakni Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

“Malam ini kita serahkan hadiah kepada para pemenang di setiap kategori. Dari SMP, SMA, Perguruan Tinggi, masyarakat, dan PNS. Dengan total hadiah Rp 126 juta,” ucap Rudy. (FY)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Exit mobile version