Bandung Diguncang Gempa: M4,9, Lokasi, dan Dampak Terkini

Gempa Bumi Bandung Hari Ini: M4,9 Guncang Majalaya, Getaran Terasa Hingga Lembang

Sorotrakyat.com | Bandung – Gempa bumi tektonik mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu, 18 September 2024 pukul 09.41 WIB. Dari sumber informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat magnitudo gempa mencapai 4,9 skala Richter. Pusat gempa berada di darat, sekitar 25 kilometer tenggara Kabupaten Bandung dengan kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa bumi cukup kuat dirasakan oleh masyarakat di beberapa wilayah, termasuk Majalaya, Banjaran, Lembang, Parompong, Bandung Barat, Baleendah, dan Garut.

Dari keterangan BMKG melaporkan intensitas gempa di Majalaya mencapai III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI), artinya gempa dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah. Wilayah lain seperti Banjaran dan Lembang merasakan getaran dengan intensitas II-III MMI.

BMKG menjelaskan bahwa gempa bumi ini disebabkan oleh aktivitas tektonik di wilayah tersebut. Meskipun tidak berpotensi tsunami, gempa bumi ini dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan yang tidak tahan gempa dan menimbulkan kepanikan di masyarakat.

Pihak BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terhadap gempa susulan. Tips-tips keselamatan saat terjadi gempa, seperti mencari tempat terbuka, dan berlindung di bawah meja. (GMS)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Exit mobile version