Masyarakat Bunihayu Demo PT. PRN, Tuntut Pengelolaan Limbah yang Lebih Baik

Masyarakat Desa Bunihayu, Subang, Desak PT PRN Tangani Limbah B3

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Aksi unjuk rasa yang digelar pada Selasa, 24 September 2024, masyarakat Desa Bunihayu, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, bersama Ormas Pemuda Pancasila menyuarakan kekecewaan mereka terhadap PT. Perkakas Reksadaya Nusantara (PRN). Perusahaan yang telah beroperasi selama 15 tahun ini dinilai gagal memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar, khususnya dalam hal pengelolaan limbah.

Ketua Karang Taruna Desa Bunihayu, Yeyet, menyampaikan bahwa masyarakat telah berulang kali meminta PT. PRN untuk bekerja sama dalam mengelola limbah, namun permohonan tersebut selalu ditolak. Masyarakat berharap agar pengelolaan limbah dapat dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang telah siap dengan segala persyaratan.

“Selama ini, PT. PRN bekerja sama dengan PT. Commando yang diduga tidak memiliki izin pengelolaan limbah B3. Padahal, kami telah menawarkan solusi melalui BUMDES, yang akan bekerja sama dengan perusahaan berizin resmi,” ungkap Yeyet.

Megi Akbar Setiawan, Ketua Bidang Politik Pertahanan dan Keamanan Ormas Pemuda Pancasila MPC Kabupaten Subang, turut hadir dalam aksi tersebut. Ia menegaskan bahwa Ormas Pemuda Pancasila selalu mendukung perjuangan rakyat.

“Ormas Pemuda Pancasila dilahirkan dari rakyat, kembali kerakyat. Ormas Pemuda Pancasila senantiasa selalu menjadi garda terdepan untuk rakyat,” ujarnya.

Setelah melakukan mediasi, akhirnya pihak PT. PRN bersedia memenuhi tuntutan masyarakat. Pertemuan antara perwakilan perusahaan, masyarakat, Bunihayu yang di wakili oleh Ketua Karang Taruna, Sekdes Bunihayu, Ormas Pemuda Pancasila serta dari unsur Aparat Penegak Hukum yakni POLRI dan TNI, menghasilkan kesepakatan mengenai pengelolaan limbah yang lebih baik.

Andum Subekti

Editor & Penerbit: Den.Mj

Exit mobile version