Bakamla RI MoU dengan Korea Selatan

Sorotrakyat.com | Bogor – Kunjungan Delegasi Korea Selatan ke Mabes Bakamla RI menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam rangka memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan dalam bidang kelautan. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia yang diwakili oleh Deputi Informasi Hukum dan Kerjasama (Inhuker) Bakamla RI Dr. Samuel H. Kowaas, M.Sc., CSBA menerima kunjungan atau Courtesy Call dari para delegasi tersebut pada Rabu (21/06/2023). Adapun pertemuan tersebut membahas lebih lanjut mengenai MoU kerja sama yang telah diperpanjang dan disepakati pada tahun 2021 silam.

Dalam kesempatan tersebut, kedua belah pihak membahas berbagai kegiatan kerja sama yang telah dilaksanakan seperti Kegiatan Port Visit/Kunjungan Kapal Korean Coast Guard (KCG) ke Pelabuhan JICT 2, Tanjung Priok pada Maret 2019. Selain itu, juga dibicarakan beberapa hal penting lainnya antara lain Mekanisme Hotline dan Single Point of Contact, pertukaran informasi, rencana pembentukan CG to CG, Capacity Building, dan rencana Joint Exercise.

banner 325x300

Tidak hanya itu, delegasi Korea Selatan juga menyampaikan beberapa informasi lainnya seperti kecelakaan kapal Korea Selatan di wilayah perairan Indonesia beberapa waktu lalu dan perizinan kapal Korsel melintas di wilayah perairan Indonesia. Para delegasi yang hadir diwakilkan oleh Direktur Divisi II Perlindungan WN Korea di Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan Kim Kwangryong beserta jajaran, Senior Inspector pada Divisi Investigasi Korea Coast Guard Choi Hyungwoo, Ses I sekaligus Konsul Kedubes Korea Selatan di Jakarta Kim Daejin beserta jajaran.

Sementara itu, Deputi Inhuker Bakamla RI didampingi oleh beberapa pejabat diantaranya Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Friche Flack, M.Tr.Opsla., Direktur Latihan Bakamla Bakamla RI Laksma Bakamla Suwito, S.E., M.Si. (Han)., Direktur Strategi Keamanan Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Prio Budie Laksono, S.E., M.M., Diektur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla Agam Endrasmoro, dan Kepala Puskodal Bakamla RI Kolonel Bakamla Asep Budiman.

Baca Juga:  Kapolri Tinjau Vaksinasi Bhakti Untuk Negeri Akabri 2001

Dalam rangka meningkatkan kerja sama bilateral yang lebih baik lagi, kedua belah pihak sepakat untuk terus menjalin komunikasi baik melalui pertemuan seperti ini maupun berbagai bentuk kerja sama lainnya. Kesepakatan ini diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat maksimal bagi kedua negara. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *