Dedie Rachim Buka Pameran Metamorfosa Bogor Dalam Bingkai 2022-2023 di Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim membuka pameran foto Metamorfosa Bogor Dalam Bingkai 2022-2023 yang digagas Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor di Gedung Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, 5 – 18 November 2023.

Foto yang ditampilkan para jurnalis foto untuk melengkapi satu naskah menurut Dedie Rachim menjadi salah satu motivasi bagi dirinya. Dengan bakat dan jam terbang, seorang jurnalis foto memiliki kepekaan dalam mengambil sudut foto dari satu momen yang mampu mewakili sejuta kata-kata.

“Para jurnalis foto memiliki kejelian dan kecepatan melihat hasil yang dipamerkan terlihat kematangannya dan bercerita tentang banyak hal, sehingga ini bisa menjadi motivasi yang menginspirasi dan dokumentasi penting bagi sebuah perkembangan daerah atau kota,” katanya, Minggu (5/11/2023).

Diakuinya sejak di bangku SD ia sudah membaca koran yang dilengkapi dengan gambar jepretan sederhana yang dihasilkan jurnalis foto dari sudut atau angle dramatis serta dinamis sehingga mempresentasikan semangat atau motivasi yang juga bisa menggugah dan menyadarkan bahwa Indonesia begitu luas karena kepekaan jurnalis foto.

Selain itu, dengan sense of situation yang dinamis para pewarta foto, kondisi yang diabadikan dalam sebuah foto akan menjadi pembanding dalam beberapa waktu ke depan dalam posisi atau angle yang berbeda. Melalui sudut pandang atau angle para pewarta foto, sambung Dedie perkembangan satu kota atau daerah akan berbeda.

“Bagi masyarakat, satu momen akan terlihat sebagai sesuatu yang biasa, namun akan berbeda jika dilihat dari sisi jurnalisme atau sisi untuk kepentingan publikasi,” jelasnya.

Dalam periode 2022-2023 yang diangkat PFI Bogor, menurut Dedie Rachim menjadi periode yang sulit bagi Kota Bogor, karena kehilangan pendapatan daerah hampir 40 persen. Sebab, mayoritas digunakan untuk penanganan pandemi Covid-19 daripada perkembangan Kota Bogor.

Dengan ikhtiar Pemkot Bogor bersama jajaran tetap berupaya dalam melakukan perkembangan Kota Bogor dan melalui pameran Metamorfosa Bogor Dalam Bingkai 2022-2023 bisa dilihat segala sesuatu yang telah dilakukan pemkot Bogor dan dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Bogor.  Kekurangan yang belum terealisasi dan belum dilaksanakan menjadi PR yang akan segera dituntaskan.

“Dengan karya jurnalis foto, Pemkot Bogor bisa mendatangkan referensi, disamping bisa memotivasi dan menginspirasi semua serta menjadi titik tolak ke depan untuk membangun lebih baik lagi,” kata Dedie Rachim.

Dalam acara pameran foto hasil jepretan PFI Bogor ini ditampilkan 80 karya dari 20 pewarta foto. Acara pembukaan ditutup dengan penyerahan santunan secara simbolis kepada 5 anak yatim dari total ada 25 anak sebagai bentuk kepedulian dari PFI Bogor.

“Hasil karya foto yang ditampilkan menggambarkan kondisi perubahan lingkungan, pergerakan perekonomian, bisnis, olahraga, politik dan lainnya, dengan harapan menjadi bahan evaluasi bagi PR-PR bersama, mana yang harus dibenahi dan mana yang harus dipertahankan,” kata Ketua PFI Bogor, Hendi Novian. (Red)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Exit mobile version