RSUD Kota Bogor Kini Dilengkapi Cathlab dan Laboratorium TB MDR

Menkes Resmikan Blok I dan IV RSUD Kota Bogor, Kini Dilengkapi Cathlab dan TB MDR.

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – RSUD Kota Bogor kini semakin prima dengan hadirnya Cathlab dan Laboratorium TB MDR. Hal ini ditandai dengan peresmian kedua fasilitas tersebut oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, pada Kamis (28/12/2023).

Peresmian diawali penyerahan tiga alat kesehatan berupa ventilator jantung dari Yayasan BUMN oleh Ketua Yayasan BUMN, Harjawan Balaningrath kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya yang langsung diserahkan kembali kepada Dirut RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir.

banner 325x300

Cathlab merupakan fasilitas kesehatan yang digunakan untuk melakukan kateterisasi jantung. Prosedur ini dilakukan untuk mendiagnosis dan menangani berbagai masalah jantung, seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung.

Sementara itu, Laboratorium TB MDR merupakan fasilitas kesehatan yang digunakan untuk mendiagnosis dan menangani tuberkulosis multidrug-resistant (TB MDR). TB MDR merupakan jenis TB yang resisten terhadap obat anti-TB lini pertama.

Peresmian kedua fasilitas ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warganya. Pemkot Bogor berharap dengan hadirnya Cathlab dan Laboratorium TB MDR, warga Kota Bogor tidak perlu lagi ke luar kota untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

“Dengan hadirnya Cathlab dan Laboratorium TB MDR, RSUD Kota Bogor kini menjadi rujukan untuk penanganan penyakit jantung dan TB MDR,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya.

program Jantung Sumber Kehidupan (Jasuke), Cath Lab (kateterisasi jantung) dan TB MDR (multidrug-resistant tuberculosis) yang diresmikan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, Kamis (28/12/2023).

Selain Cathlab dan Laboratorium TB MDR, RSUD Kota Bogor juga telah memiliki berbagai fasilitas kesehatan lainnya yang memadai, seperti ruang rawat inap, ruang operasi, dan ruang gawat darurat.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi pembangunan fasilitas kesehatan di RSUD Kota Bogor. Ia berharap RSUD Kota Bogor dapat terus meningkatkan pelayanan kesehatannya, sehingga dapat menjadi rujukan bagi warga di wilayah sekitarnya.

Baca Juga:  Masyarakat Desa Pangkalan Cikidang Gelar Bakti Sosial Sunatan Masal

“RSUD Kota Bogor kini semakin prima dengan hadirnya Cathlab dan Laboratorium TB MDR. Saya berharap RSUD Kota Bogor dapat terus meningkatkan pelayanan kesehatannya, sehingga dapat menjadi rujukan bagi warga di wilayah sekitarnya,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin. (DR)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *