Destinasi Wisata Perjalanan dari Kota Hujan, Mengelilingi Jawa Tengah Menggunakan Motor Vespa

Perjalanan dari Kota Hujan, Mengelilingi Jawa tengah menggunakan motor Vespa

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Kendaraan bermotor roda dua yakni Vespa dikenal dengan julukan “Motor sering mogok”, Bukan perjalanan yang mudah untuk mengelilingi Jawa tengah dengan mudah menggunakan motor. Mulai perjalanan dari Bogor menuju berbagai kota di jawa tengah, banyak destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan.

Melalui Jalan Pantura,sepanjang perjalanan di suguhkan pemandangan yang sangat indah melewati berbagai kota di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, Perjalanan yang ditempuh pukul 00.00 WIB dari Bogor-Cirebon selama ± 6 jam sampai pada pukul 05.20 wib di Cirebon, menikmati perjalanan di jalan Pantura yang sangat panjang dan lurus, sangat menyenangkan.

Sesampai di cirebon, pada pagi hari dan memutuskan untuk istirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan berikutnya, tidak lupa untuk sarapan makanan khas dari Kota Cirebon yaitu Empal Gentong, tidak hanya Empal Gentong, Kota Cirebon memiliki makanan khas lainnya yaitu Nasi Jamblang dan lain sebagainya.

Perjalanan ini dimulai sebelum pergantian Tahun baru 2023 tepatnya di hari sabtu tanggal 30 Desember 2023, melalui beberapa Kota di Jawa Tengah yaitu Losan, Tegal, Pemalang, dan Pekalongan dan lain sebagainya.

Melewati Kabupaten Temanggung yaitu daerah yang terkenal sebagai penghasil tembakau terbanyak di Indonesia,Pasar Kliwon Temanggung menjadi destinasi terakhir untuk berburu oleh-oleh. Beragam produk lokal, seperti tembakau, kopi, dan kerajinan tangan, tersedia di sini dengan harga yang terjangkau.

Perjalanan singkat di Temanggung telah meninggalkan kenangan yang tak terlupakan. Keindahan alam, kekayaan budaya, dan keramahan penduduknya menjadikan Temanggung sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi.
Tujuan selanjutnya yaitu kota istimewa dengan penuh budaya dan cerita yaitu, Yogyakarta.

Sesampainya di Yogyakarta pada tanggal 31 Desember 2023 tepatnya di pukul 23.00 sebelum malam pergantian tahun baru 2024, Tugu Yogyakarta menjadi tujuan utama saat sampai Kota tersebut, Warga Yogyakarta dengan sangat antusias melihat perayaan tahun baru di Tugu Yogya, warga lokal hingga turis memadati Tugu Yogya.

Liburan menggunakan motor memang sangat melelahkan tapi menambah pengalaman baru yang tidak bisa dilupakan,dari mulai Wisata dan Kuliner dari berbagai daerah yang dikunjungi dan mendapatkan hal baru saat mengendarai motor keliling Jawa Tengah. Menghabiskan waktu liburan panjang di Yogyakarta, menyicipi makanan Khas Yogya dan tempat menarik disana, dari Mulai kuliner di Jalan Malioboro sepanjang Jalan disuguhi makanan khasnya yaitu Gudeg dan tidak Lupa juga membeli Bakpia pathuk.

Ada 25 banyak tempat wisata yang bisa di kunjungi dari mulai, Wisata Merapi Lava yaitu wisata jeep yang membawa wisatawan ke beberapa tempat wisata di lereng Gunung Merapi.

Wisata ini merupakan wisata edukasi dan petualangan yang seru dan menantang. Wisatawan akan diajak untuk melihat keindahan Gunung Merapi dari dekat, serta belajar tentang sejarah dan aktivitas vulkanik gunung tersebut. Selain Merapi Lava tour tidak lupa juga untuk berwisata ke Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 oleh Dinasti Syailendra, yang merupakan kerajaan Hindu yang berkuasa di Jawa Tengah pada masa itu.

Sebelum memutuskan untuk meninggalkan Kota Yogyakarta,tidak lupa membeli oleh- oleh Bakpia dan cinderamata lainya,dan mencoba kuliner Mie banteng Khas Yogyakarta dan Tempo Gelato. Di tanggal 3 Januari memutuskan pergi dari Yogyakarta, melalui Jalur pantai Selatan yaitu jalan Daendels yang sangat panjang, Melewati Kota Purworejo, Kebumen, Banjar, Tasik, Garut dan Bandung.

Sesampai tiba di Bandung memutuskan untuk istirahat di Kabupaten Bandung yaitu Ciwidey, menghabiskan akhir pekan di Bandung beberapa hari serta keliling keliling Kota Bandung menggunakan Vespa, melewati jalanan Asia Afrika yang sangat ramai dan berkunjung ke tempat kuliner di Kota Bandung yaitu, Lengkong kecil, Dago, dan Dipatiukur.

Perjalanan yang singkat sudah harus kembali ke Kota asal, melalui jalur Padalarang Kabupaten Bandung, malam itu terasa sangat sepi jalanan pada saat menuju perjalanan pulang ke Bogor, di tengah perjalanan tepatnya di Jalan Cipanas Cianjur, Menghentikan perjalanan untuk makan malam di Sate Alex yaitu Sate Arab tidak hanya Sate Arab, disana menyediakan Sate ayam, Sop kambing, gulai,dan tongseng. Sesudah makan lanjut perjalanan menuju Bogor dan sampai di Kota Bogor tepat di Tugu Kujang dini hari, pukul 03.00 WIB.

Mochammad Rafi Ibrahim
Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media
Sekolah Vokasi IPB University

Editor & Penerbit: Den.Mj

Exit mobile version