Dedie Rachim Beri Motivasi Pramuka Kota Bogor di Pembukaan Jamnas ke-XI

Sorotrakyat.com | Jakarta – Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Dedie A. Rachim menghadiri pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) ke-XI di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/2022). Sekitar 11 ribu anggota pramuka dari seluruh Indonesia juga ikut hadir dalam Jamnas.

Tema Jamnas ke-11 tahun 2022 ini adalah ‘Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi’ digelar bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61. Jamnas bakal berlangsung pada 14-21 Agustus 2022.

banner 325x300

Jamnas dibuka langsung oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol. (Purn) Budi Waseso. Ikut hadir pula Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan tamu undangan lainnya.

Dalam Jamnas ke-XI, Budi Waseso melaporkan, ada 11.506 pramuka penggalang utusan kwartir cabang (kabupaten/kota) dari seluruh tanah air dan Gudep yang berpangkalan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) serta utusan organisasi pramuka di kawasan Asia Pasifik.

Ada ratusan kegiatan Jamnas di Buperta Cibubur. Antara lain keterampilan kepramukaan, Kampung Pengembangan Berkelanjutan yakni peran pramuka dalam pencapaian Sustainable Development Goals, Kampung Teknologi, kegiatan petualangan, Forum Penggalang, permainan persaudaraan dan wisata edukasi di Kota Jakarta.

“Jamnas ini bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang. Dan paling penting komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka, yaitu Satya dan Darma Pramuka,” kata Budi Waseso dalam sambutannya.

Sambung Budi, Jamnas XI yang berlangsung sepekan ini juga diarahkan pada upaya pencapaian tujuan Gerakan Pramuka. Yaitu pembinaan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik (sesosif) dalam rangka membentuk manusia yang berkarakter, berakhlak mulia dan mandiri dengan berkegiatan dalam perkemahan.

Kegiatan Jamnas bersifat edukatif, rekreatif, kreatif, produktif, inovatif, kompetitif, dan menantang dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan dalam bentuk permainan, diskusi, demonstrasi, simulasi dan kompetisi.

Baca Juga:  Pemkot Samarinda Studi Banding ke Kota Bogor, Diskusi Tupoksi Prokompim dan Diskominfo

“Walaupun kita bergembira dapat mengikuti peringatan Hari Pramuka dan sekaligus perayaan 60 Tahun Gerakan Pramuka pada saat ini, tetapi pandemi Covid- 19 yang telah berlangsung sejak setahun lalu membuat kita harus disiplin menahan diri, prihatin dan berusaha membantu menanggulangi pandemi tersebut,” tegasnya.

Makanya, tema peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka adalah ‘Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional’. Sementara slogan yang merupakan inti tema tersebut adalah ‘Pramuka Berbakti Tanpa Henti’.

Kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus mengkhawatirkan, telah membuat banyak orang terkena dampaknya. Begitu pula di lingkungan Gerakan Pramuka. Banyak kegiatan yang terpaksa terhenti, termasuk kegiatan latihan tatap muka di gugus depan – gugus depan Pramuka.

“Namun, kita tak boleh menyerah dan berputus asa. Justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah,” ungkapnya lagi.

Di tempat yang sama, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, 14 anggota pramuka Kota Bogor menjadi bagian dari Jamnas ke-XI ini. Kepada mereka, Dedie berharap bisa mewakili Kota Bogor di tingkat nasional.

“Terutama bisa memberikan kebanggaan untuk Kwarcab Kota Bogor. Para anggota yang mengikuti Jamnas bisa berpartisipasi aktif dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik dan sukses,” kata Dedie.

Kegiatan Jamnas ini, sambung Kak Dedie sapaannya, menjadi momen para anggota untuk mengasah kemampuannya. Kota Bogor harus menjadi contoh baik untuk peserta lainnya.

Usai pembukaan, Wakil Wali Kota Bogor ini juga sempat mendatangi para anggota yang mewakili Jawa Barat (termasuk Kota Bogor) bersama dengan Ketua Kwarda Jawa Barat, Atalia Praratya.

Baca Juga:  Kadis Dukcapil : Sertifikat Vaksin Bukan Syarat Utama Urus Adminduk

Bahkan Dedie sempat melihat tenda-tenda para anggota pramuka dari Kota Bogor sekaligus memberikan motivasi bagi mereka. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *