Akibat Kebakaran Lahan Gambut Milik Lanud Suryadarma Ancam Pemukiman di Subang

Sorotrakyat.com | Subang – Sebuah kebakaran lahan gambut terjadi di kawasan Perumahan Pondok Indah Kalijati, Kabupaten Subang, pada Rabu (28/8) siang. Peristiwa ini menimbulkan kepanikan di kalangan warga karena api nyaris mencapai pemukiman mereka.

Diduga, kemarau panjang yang melanda kawasan tersebut menjadi penyebab utama kebakaran. Api yang awalnya hanya terlihat seperti pembakaran sampah kecil, dengan cepat membesar akibat hembusan angin yang kencang.

banner 325x300

Menurut keterangan sejumlah warga, semula titik api hanya terlihat layaknya orang yang sedang membakar sampah di jarak sekitar 50 meter dari pemukiman namun seiring hembusan angin, api dengan cepat merambat.

Upaya pemadamanpun terus dilakukan oleh warga dan beberapa anggota TNI AU LANUD Suryadarma dengan cara seadaanya. Ada yang menyiram dengan air, menaburinya dengan tanah dan ada juga yang memukul-mukul api dengan batang pohon.

Namun sayang upaya tersebut tak membuahkan hasil. Kuatnya tiupan angin dari arah timur membuat api sulit dikendalikan. Kurang dari 5 menit, apipun merambat dan hampir melahap rumah warga.

Setelah hampir 30 menit berjibaku, akhirnya kobaran api berhasil di hentikan setelah sejumlah warga mengeluarkan air menggunakan slang didalam rumah mereka. Api baru berhenti dijarak sekitar 1 meter dari deretan rumah warga.

Sekedar informasi, lahan tersebut adalah asset TNI AU LANUD Suryadarma. Jika dimusim hujan, lahan tersebut menjadi rawa. Namun akibat kemarau ini, bermunculan ilalang dan rumput-rumput dan menjadi gambut. Hingga berita ini di turunkan belum diperoleh informasi apa penyebab terjadinya kebakaran. Sementara luas area yang terbakar diperkirakan sekitar 500 m2.

Andum Subekti

Editor & Penerbit: Den.Mj

Baca Juga:  Aktivitas Seni dan Budaya Diharapkan Kembali Bangkit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *