DPRD Kota Bogor Baru Dilantik: Mampukah Jalin Sinergi Efektif dengan Pemkot?

Tantangan Berat Menanti DPRD Kota Bogor Baru: RAPBD dan Pilkada Jadi Fokus Utama.

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Pelantikan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor periode 2024-2029 menjadi tonggak penting dalam upaya membangun sinergi yang lebih erat antara pemerintah kota dan legislatif.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari, menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Bogor dengan agenda pelantikan dan pengucapan sumpah/ janji Pimpinan DPRD Kota Bogor Masa Jabatan 2024-2029 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPRD, Selasa (24/9/2024).

banner 325x300

Dalam sambutannya, Hery menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Ketua DPRD Kota Bogor, Adityawarman Adil dan Wakilnya, Muhamad Rusli Prihatevy.

Menurutnya, pelantikan ini merupakan momen penting untuk memperkuat sinergi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan DPRD, guna menciptakan pemerintahan yang harmonis dan berkelanjutan dalam melayani masyarakat Kota Bogor

“Kami berharap pimpinan DPRD yang baru dapat melaksanakan tugas dengan sepenuh hati dan senantiasa berpegang teguh pada pilar-pilar utama kebangsaan kita,” ujar Hery.

Dalam momen tersebut, ia juga mengingatkan agenda prioritas yang perlu segera dibahas, mengenai evaluasi Gubernur terkait Rancangan Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan tahun 2024 agar dapat segera dituntaskan supaya pembangunan di Kota Bogor tetap berjalan di sisa waktu anggaran tahun 2024.

Selain itu, Pj Wali Kota Bogor juga menekankan pentingnya pembahasan bersama RAPBD tahun 2025 yang telah diajukan oleh Pemkot kepada DPRD.

“Kami mengajak untuk bersama-sama menumbuhkan komitmen, sinergi, dan kolaborasi berkelanjutan yang harmonis antara DPRD dan Pemerintah Kota Bogor untuk membangun Kota Bogor yang lebih baik,” ungkap Hery.

Dia juga menekankan pentingnya kolaborasi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), agar semua tahapan Pilkada hingga akhir dapat berlangsung aman, lancar, dan kondusif.

“Kita semua berharap Pilkada 2024 dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif. Untuk itu, kolaborasi antara eksekutif, legislatif, Forkopimda, serta seluruh penyelenggara Pilkada, termasuk KPU dan Bawaslu, sangat diperlukan,” tegasnya.

Baca Juga:  Istana Bogor Diguncang Foto Presiden Dibakar

Hery mengakhiri sambutannya dengan optimisme bahwa kerjasama dengan pimpinan DPRD yang baru akan berjalan baik.

“Dengan pelantikan ini, diharapkan Pemerintah Kota dan DPRD dapat bekerja optimal demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Bogor,” ucapnya.

DPRD Kota Bogor Periode 2024-2029 Dilantik: Fokus pada Penyelesaian RAPBD, Persiapan Pilkada, dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Setelah diambil sumpah jabatan, Adityawarman menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berharap bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor dan seluruh elemen masyarakat untuk mengawal suara dan aspirasi warga Kota Bogor.

“Insyaallah kami akan terus mengawal dan menjaga aspirasi warga. Beberapa program yang akan kami kawal diantaranya adalah program penebusan ijazah, bantuan rumah tidak layak huni, penyelesaian pembangunan infrastruktur dan program prioritas lainnya,” ujar Adit.

Dalam rapat paripurna tersebut, Adityawarman dan Rusli langsung melaksanakan tugas pertamanya yaitu membuka masa sidang kesatu tahun sidang 2024.

Pembukaan masa sidang dibarengi dengan pengumuman komposisi fraksi-fraksi DPRD Kota Bogor. Berdasarkan hasil rapat pimpinan sementara DPRD Kota Bogor terdapat delapan fraksi di DPRD Kota Bogor, yakni Fraksi PKS, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PDI-P, Fraksi PAN, Fraksi Aswaja (Gabungan PKB dan PPP), Fraksi Demokrat Solidaritas Indonesia (Gabungan Demokrat dan PSI) dan Fraksi NasDem.

“Dengan telah dibentuknya komposisi fraksi-fraksi, maka selanjutnya kami akan membahas komposisi AKD agar bisa langsung melaksanakan tugas dan fungsi DPRD Kota Bogor,” tutup Adityawarman. (FY)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *