Banjir ! Dansektor 7 Pantau Excavator Keruk Sedimentasi, Pelebaran dan Tinggikan Bantaran Sungai Citarum

Sorotrakyat.com | Kab. Bandung – Seperti beberapa waktu lalu saat hujan turun cukup lama dan debit air Sungai Citarum menjadi naik, maka sudah dipastikan wilayah Sektor 7 seperti Kelurahan Andir, Desa Dayeuhkolot, Kelurahan Pasawahan dan Desa Bojongmalaka akan terjadi banjir namun dalam waktu yang tidak terlalu lama air akan surut kembali.

Untuk saat ini di wilayah Sektor 7 berupaya mengatasi banjir tersebut, dan sedang berjalan pembangunan kolam retensi di Kelurahan Andir, pembangunan beberapa folder seperti di Kelurahan Andir, Desa Dayeuhkolot dan Desa Bojongmalaka, serta pembangunan tanggul sepanjang bantaran Sungai Citarum dari Kelurahan Andir sampai dengan Desa Bojongmalaka.

banner 325x300

Kolonel Inf Jefson Marisano selaku Dansektor 7 Satgas Citarum memantau kegiatan pembangunan-pembangunan dalam rangka upaya mengatasi banjir di wilayah Sektor 7 tersebut. Besar harapannya seluruh pembangunan baik kolam retensi, beberapa folder maupun tanggul bantaran sungai selesai di akhir tahun 2021.

Dalam rangka mengantisipasi meluapnya debit air Sungai Citarum ke jalan, pengerukan sedimentasi, meninggikan dan merapikan bantaran Sungai Citarum, Kolonel Inf Jefson Marisano melakukan kegiatan pemantauan alat berat yang sedang operasional di Desa Cangkuang Wetan dan Desa Pangauban. Tampak terlihat satu alat berat (excavator) jenis long arm berada di bawah Jembatan Cilampeni Desa Pangauban, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, Selasa (6/7/2021).

“Kegiatan excavator saat ini sedang berusaha membersihkan tumpukan sampah yang menempel ditiang beton bawah Jembatan Cilampeni dan pengerukan sedimentasi bantaran Sungai Citarum. Bantaran Sungai Citarum yang paling bawah di Desa Pangauban baru-baru ini sempat terendam genangan air Sungai Citarum dikarenakan debit air Sungai Citarum naik dikarenakan hujan yang cukup lama sehingga berdampak pada tanaman yang ditanam oleh sebagian warga Desa Pangauban dan anggota Sektor 7 mengalami kerusakan dan gagal panen,” jelasnya.

Baca Juga:  Dedie Rachim Minta Atasi Banjir Cibuluh Secara Menyeluruh

Dengan adanya kehadiran alat berat di wilayah Sektor 7 sangat mendukung untuk kegiatan program Citarum Harum dalam rangka pengerukan sedimentasi, melebarkan Sungai Citarum, meninggikan dan merapikan bantaran Sungai Citarum serta siap mendukung bila terjadi bencana alam di wilayah. (Pendam III/Siliwangi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *