Wakapendam III/Slw Cek Posko Sektor 7 Satgas Citarum, Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Sorotrakyat.com | Kab. Bandung — Sektor 7 Satgas Citarum memiliki panjang sungai sekitar kurang lebih 15 Km mulai dari Jembatan Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot, sampai dengan Jembatan Cilampeni, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung. Juga wilayah Sektor 7 memiliki 23 anak-anak sungai baik kecil maupun besar dimana aliran air sungainya berasal dari kota Bandung dan Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung yang bermuara di Sungai Citarum.

Dalam kesempatannya Wakapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen melakukan kunjungan di Posko Sektor 7 Satgas Citarum dan diterima langsung oleh Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano. Pada kesempatan tersebut Letkol Inf Adhe Hansen menerima penjelasan singkat tentang Kondisi saat ini Sungai Citarum dan anak-anak Sungai Citarum.

banner 325x300

Kedatangan Wakapendam III/Slw ini untuk meninjau salah satu anak sungai Citarum yaitu Sungai Citepus dan didampingi oleh Kolonel Inf Jefson untuk melihat kondisi anak Sungai Citepus yang berada di perbatasan Kelurahan Pasawahan dan Desa Cangkuang Wetan, Jum’at (9/7/2021).

Dalam penjelasan Dansektor 7 dipaparkan bahwa, sungai Citarum ini bersih namun bila hujan turun maka debit air Sungai Citarum naik dan sudah dipastikan ada beberapa wilayah akan mengalami banjir seperti diantaranya wilayah ; Dayeuhkolot, Andir, Pasawahan serta Bojongmalaka.

“Bila hujan turun, maka anak-anak sungai seperti Sungai Citepus ini dipastikan membawa sampah dan bermuara ke Sungai Citarum. Namun sudah kurang lebih 3 Minggu ini di wilayah Sektor 7 tidak turun hujan sehingga di lapangan tidak terlihat adanya sampah kiriman anak Sungai Citepus. Oleh karenanya, apabila Sungai Citarum terlihat ada sampah yang lewat seperti plastik-plastik, sterofoam dan lain sebagainya berasal dari anak-anak sungai,” jelasnya.

Keberadaan Sektor 7 Satgas Citarum selalu berupaya semaksimal mungkin membersihkan sampah-sampah yang berada di anak-anak Sungai Citarum Disamping itu juga selalu mengajak warga masyarakat meningkatkan kepedulian lingkungan dan kesadaran warga untuk tidak membuang sampah ke sungai, baik Sungai Citarum maupun anak-anak sungainya. Pemberian sosialisasi tentang Program Citarum Harum terus dikumandangkan oleh Dansektor 7, para Dansub Sektor dan para anggota Sektor 7 Satgas Citarum. (Red)

Baca Juga:  Pekan HAM Digelar di Kota Bogor 3-12 Desember 2022, Ada Apa Saja?

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *