Abah Anton Sebut Laskar Agung Macan Ali Terdepan Bentengi Budaya, Agama dan Nasionalisme

Sorotrakyat.com | Cirebon – Bertempat di GOR Cirebon Laskar Agung Macan Ali ( LMA ) Menggelar Munas & Kirab Akbar dlm rangka Miladnya yg ke 5. Hadir mantan Kapolda Jabar yg sekarang lebih dikenal sebagai Tokoh Sunda, Abah Anton Charliyan yg juga sbg Sentana Agung atau Ketua Dewan Pembina Di LMA, Sabtu 16 Okt 2021.

Abah Anton dalam sambutanya menyatakan bahwa Comunitas Laskar Agung Macan Ali selaras dengan apa yg disampaikan Panglima Tingginya Rd Mamo Prabu Diaz telah berkembang ke seluruh Nusantara, bahkan ke Manca Negara, Asia, Afrika dan Eropa, yg anggotanya dlm 5 tahun terakhir ini telah mencapai jumlah sekitar 980.000 orang hampir mendekati 1 juta orang.

LMA lahir seiring dg Penaklukan Batavia DPP Faletehan Pangeran Jayakarta diabad ke 16. Sebagai Laskar Pasukan Khusus yg berhasil mengusir Kekuatan Asing Portugis 22 juni 1527 M, dan mejadikan Sunda Kelapa sebagai Jayakarta atau Jakarta skrng ini.

Semangat Nasioinalisme yg tetap mengedepankan Marwah Nilai2 Religius dan Nilai2 budaya Leluhur inilah yg menjadi Cikal bakal spirit didirikannya LMA di Kota Cirebon, yg juga sbg kota Kelahiran laskar Agung Macan Ali tempo dulu, yg langsung dibentuk oleh Kangjen Sinuhun Sunan Gunung Jati syech Syarif Hidayatullah.

Maka Abah Anton, “menekankan bhw siapun yg coba-coba menganggu Nilai-nilai Luhur Budaya Bangsa, Kerukunan umat beragama, Intoleransi, Radikalisme dan pemecah belah faham Nasionalisme dlm bingkai NKRI yg Bhineka tunggal Ika, akan Berhadapan langsung dg laskar Agung LMA di manapun berada. Tekad bulat LMA diseluruh Nusantara akan senantiasa siap membela NKRI sampai titik darah Penghabisan,” ucap mantan Kadiv Humas Polri dlm keterangan persnya, 16/10.

Hadir dlm Acara Milad tersebut, Dankor Marinir diwakili Kol Haris, Kapolresta Cirebon kota, Garnisun Cirebon, Sultan Kacirebonan Rd Abd Gani, Habib Alwi Purwakarta, Kh Ishak Ponpes Buntet, Kajari Cirebon, Bank Bjb Cabang Cirebon, Dirlog pelabuhan Tg Priok Mukri, Basarnas, PKPPI, Ansor, Banser dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Cirebon AKBP M. Fahri memberikan sambutan, “terimakasih kepada LMA yg selama ini ikut aktif membantu terpeliharanya Kamtibas, serta kegiatan-kegiatan sosial Kemasyarakatan seperti pembagian Sembako, Santunan anak Yatim dll, yg dilaksanakan secara Mandiri swadaya sendiri di seluruh Cirebon raya, dan yg Lebih membanggakan LMA ini juga senantiasa Ikut aktif dalam rangka Pencegahan Covid 19 dengan membantu Percepatan Pemerataan Vaksinasi, dimana kota Cirebon sudah berhasil masuk PPKM level 2, dengan prestasi vaksinasi mencapai angka 59 %,” sebutnya.

“Semoga di Milad yg ke 5 ini Laskar Agung Macan Ali bisa menjadi salah satu Comunitas yang tetap Konsisten membantu, Pemerintah bangsa dan Negara dalam melawan faham Intoleransi Radikalisme dan juga Komunisme, yg akan mengancam keutuhan NKRI. Serta tetap bisa menjaga Marwah Budaya Lelulur dan Faham Nasionalisme. Selamat dan semoga senatiasa tetap Sukses untuk LMA di Miladnya yg Ke 5.ini, Aamiin aamiin yaa Robbal’alamiin, ” punggungnya. (DR)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Exit mobile version