Guru SMPN 1 Kota Bogor Tularkan Semangat Menulis “Launching Buku”

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Belum lama ini salah satu guru SMPN 1 Kota Bogor menjadi penerima penghargaan sebagai penulis produktif dari Gubernur Jawa Barat dan masih dalam suasana memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-76, sejumlah para guru SMPN 1 Kota Bogor melaunching buku berjudul Terima Kasih Guruku, pada Jum’at (26/11/2021).

Dalam kesempatannya salah satu guru SMPN 1Kota Bogor Enggin Rianingsih, yang juga menjadi inisiator atau penggagas Gerakan Spensa Menulis (GSM) dihadapan awak media Sorotrakyat.com mengatakan bahwa beberapa guru SMPN yang berlokasi di Jalan Djuanda itu banyak yang memiliki karya tulis di berbagai media.

banner 325x300
Guru SMPN 1 Kota Bogor Ibu. Enggin Rianingsih Inisiator Gerakan Spensa Menulis (GSM), Jum’at 26/11/2021.

Untuk proses menjadi satu buku tersebut, Enggin menerangkan hanya dengan waktu satu bulan, buku tersebut selesai dan langsung diterbitkan bertepatan dalam memperingati HUT PGRI ke-76.

“Jadi, apa salahnya kami menghimpun guru-guru yang punya keinginan untuk menulis bersatu di GSM. Dari karya tulis sebelas orang guru ini, kita kumpulkan menjadi satu buku,” jelas Enggin dengan ramah.

Ia juga memaparkan, Buku ini berisikan kumpulan beberapa cerita pendek (cerpen), ketika mereka (para guru) menjadi seorang pelajar, maupun saat setelah menjadi seorang guru. Dari masing-masing mereka menulis pengalamannya pada saat sebelum menjadi guru semasa mudanya dan setelah menjadi guru.

“Ini merupakan salah satu persembahan kami bagi para guru-guru, khususnya di Kota Bogor, sekaligus pemicu semangat agar guru-guru terus semangat berkarya, dalam bidang apapun,” ucap Enggin saat diwawancarai di taman literasi.

Launching Buku Terima Kasih Guruku berjalan sukses dan diluar dugaan sangat banyak diminati. Hal itu terbukti dengan banyaknya pemesanan buku pada akhir acara.

Masih di tempat yang sama, Kepala SMPN 1 Kota Bogor, Warsadi dalam kesempatannya mengatakan bangga pada guru di sekolah yang ia pimpin baru beberapa bulan ini. Dirinya juga berharap, ini menjadi awalan agar semuanya ikut tergerak untuk berkarya.

Baca Juga:  Dipusatkan di SMPN 5, Sebanyak 1.000 Pelajar di Kota Bogor Disuntik Vaksin

“Kedepan nya, tidak hanya guru, anak-anak juga saya dorong agar menulis dan menjadikannya buku, sejalan dengan program literasi,” harap Warsadi.

Dijelaskan juga oleh Kesek SMPN 1 Kota Bogor, bahwa rencana tersebut akan diaplikasikan di tiap kelas. “Jadi rencana, tiap kelas nantinya akan ada bukunya masing-masing, nanti akan kami jalankan seperti itu,” tutupnya.

Hadir dalam acara launching buku Terima Kasih Guruku tersebut, perwakilan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kota Bogor diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) SMP, Ketua Komite, Kepala Sekolah beserta segenap para guru-guru SMPN 1 Kota Bogor. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.