24.4 C
Indonesia
Monday, January 17, 2022

Kepada Remaja Kota Bogor, Ketua TP PKK Tekankan Pentingnya Menghormati Orang Tua

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Ardian menjadi narasumber dalam kegiatan Jambore Kreatifitas Remaja Kota Bogor yang digelar di Mako Brimob Resimen II Pelopor, Jalan KS Tubun, Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Sabtu (27/11/2021) malam.

Pada kesempatan itu, Yane menyampaikan nasihatnya kepada para peserta yang terdiri dari para pelajar se-Kota Bogor.

“Sebagai seorang ibu, saya ingin memberikan nasihat bagi kalian semua. Sesibuk apapun kalian, luangkan waktu untuk kedua orang tua dan keluarga, sampaikan rasa terima kasih kepada orang tua dan jauhkan diri dari ponsel bersama dengan orang tua,” kata Yane.

Khusus nasihat terakhir, Yane mengungkapkan hal tersebut tengah menjadi fenomena terkini, umumnya saat kumpul keluarga semua sibuk memegang gawai. Ketika bersama orang tua dan keluarga, sebaiknya meluangkan waktu untuk untuk menyimpannya.

“Buat mereka senang, karena orang sukses adalah orang yang sangat menghormati orang tuanya, menyayangi serta memuliakannya. Tidak ada orang yang kurang ajar terhadap orang tuanya akan menjadi orang yang sukses,” ungkap Yane.

Nasihat lain yang disampaikannya adalah rayakan momentum tertentu bersama orang tua dan keluarga, tidak berbicara dengan nada tinggi, minta maaf jika berbuat kesalahan, bersikap terbuka kepada orang tua, jangan sia-siakan kepercayaan yang diberikan orang tua dan berdiskusi dengan orang tua dalam memutuskan sesuatu.

“Orang tua berjuang untuk dan agar kalian memiliki bekal ilmu, sehingga mampu mewujudkan cita-cita dan bisa mengangkat derajat keluarga kalian. Kebersamaan dengan orang tua dan keluarga mampu menguatkan anak remaja yang masih labil dan lemah. Beranikan dan biasakan diri untuk terbuka menyampaikan sesuatu kepada orang tua, jangan underestimate terhadap orang tua, walaupun pendidikan mereka lebih rendah dibanding kalian sebagai anaknya,” paparnya.

Baca Juga:  Eka Wardhana Resmi Pimpin FOPI Kota Bogor 2021-2025, Ini Yang Akan Dilakukannya

Menurut Yane, di tengah usahanya dalam menjaga, merawat dan mengurus anak serta keluarga bersama segala dinamikanya, peran orang tua dan peran lingkungan dalam menentukan perilaku anak remaja sangat dominan dan saling melengkapi.

Kepada para peserta, Yane menjelaskan tujuan kegiatan Jambore Kreatifitas Remaja Kota Bogor yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bogor adalah membuat anak remaja menjadi pribadi yang mandiri dalam berpikir, bertindak, merasakan, membuat keputusan tidak berdasarkan atau mengikuti orang lain.

“Menjadi manusia yang holistik yakni manusia yang seimbang antara intelektual, fisikal, emosional dan spiritualnya,” katanya. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,949FansLike
3,117FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles