Syarifah Buka Perlombaan Olahraga GEOI Orienteering Nasional 2022

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi “GEOI” Universitas Pakuan menggelar GEOI Orienteering Nasional 2022 dengan mengusung tema ‘Run, Fun, And Explore The Diversity Of Geology’ di lapangan Universitas Pakuan, Jalan Pakuan, Tegallega, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (4/2/2022). Acara GEOI Orienteering Nasional 2022 dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

Ketua Panitia, Reza Annas Yuliansyah mengatakan, tujuan dari digelarnya GEOI Orienteering Nasional 2022 ini tak lain untuk menjalin tali silaturahmi antara mahasiswa/mahasiswi geologi se-Indonesia, memperkenalkan cabang olahraga Orienteering kepada mahasiswa/mahasiswi geologi se-Indonesia dan meningkatkan kemampuan mahasiswa geologi se-Indonesia dalam bidang navigasi darat.

banner 325x300

“Ada 60 peserta terdiri dari mahasiswa/mahasiswi Geologi se-Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia (PERHIMAGI),” ujarnya.

Ia menjelaskan, GEOI Orienteering Nasional 2022 merupakan perlombaan orienteering jenis disiplin orienteering menggunakan kaki (foot orienteering discipline) dan dengan cara penentuan hasil dari sebuah lomba tunggal menjadi hasil akhir (single race competition).

Peserta hanya diperbolehkan berlari, jogging atau berjalan kaki ketika berlomba. Kendaraan bermotor, becak, sepeda, sepatu roda dan alat bantu transportasi lainya tidak boleh digunakan peserta ketika berlomba.

“GEOI Orienteering ini menerapkan dua tipe kompetisi yakni Linear/Cross Country Orienteering atau peserta harus mengunjungi lokasi kontrol-kontrol di medan sebenarnya secara berurutan. Pemenang ditentukan dari peserta dengan jarak tempuh waktu paling cepat dan Score Orienteering yakni pemenang ditentukan dengan perolehan nilai tertinggi yang didapatkan pada setiap poin yang dikunjungi dengan batas waktu yang telah ditentukan, dan setiap point memiliki nilai yang berbeda dengan start bersamaan (start massal),” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan, orienteering merupakan olahraga yang lahir dari dunia militer, namun saat ini sudah menjadi olahraga outdoor dan masuk dalam federasi olahraga internasional.

Baca Juga:  Panen Padi di Ubud "Mipit Amit Ngala Menta Panen Pare"

Menurut dia, Orienteering sangat tepat dilaksanakan mahasiswa geologi karena berkaitan dengan ilmu perkuliahan dan penerapannya nanti yaitu mengasah kemampuan navigasi berdasarkan peta dasar dan kompas.

“Kami dari Pemkot Bogor tentu saja mendukung segala jenis olahraga apapun sepanjang mempunyai nilai-nilai yang baik. Apalagi olahraga yang berkaitan dengan sportivitas, kesehatan dan juga pengembangan pariwisata di Kota Bogor,” katanya. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *