Ekspansi Tanaman Hias, Green Box Gardening & Plants Hadir di Boxies Bogor

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menghadiri soft launching Green Box Gardening & Plants di Boxies 123 Mal, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Senin (14/2/2022).

Green Box Gardening & Plants merupakan sebuah wadah bisnis baru yang berisikan beragam tanaman hias. Hal itu untuk mengenalkan tanaman hias yang diproduksi di Kota Bogor lebih luas lagi.

banner 325x300

Ekspansi tanaman – tanaman tersebut juga dihadirkan langsung dari para petani yang tergabung dalam Panca Flora Indonesia. Pembukaan juga disaksikan langsung oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bogor.

“Bahwa yang namanya tanaman hias Ini potensinya luar biasa. Jadi BSI pun nanti boleh membiayai kredit usaha rakyat (KUR) untuk petani tanaman hias. Karena potensi penjualan tanaman hias setidaknya diatas Rp 10 triliun,” kata Dedie dalam sambutannya.

Sebagai pelaku bisnis tanaman hias atau offtaker sekalipun, sambung Dedie, jika Kota Bogor memantapkan diri sebagai produsen tanaman hias, maka Indonesia akan dilirik pasar luar negeri lebih jauh lagi. Karena tanaman hias, bisa menjadi identitas dan karakteristik masyarakat Indonesia, Kota Bogor khususnya.

“Kita memiliki banyak harta kekayaan yang melimpah. Selain sumber daya alam, lahan yang memadai dan petani-petani yang tangguh. Komoditas – komoditas yang kita miliki akan dicoba untuk menjadi unggulan,” sambung Dedie.

Kota Bogor sudah mulai untuk melihat potensi tanaman hias tersebut. Salah satunya dengan terbangunnya beberapa green house dan screen house untuk mengembangkan tanaman – tanaman hias. Begitupula dengan ilmu dari edukasi yang diberikan kepada para petaninya.

Untuk kemudian, hasil dari produktivitas para petani tersebut diberikan kesempatan dan akses ke pasar yang lebih tinggi. Tak menutup kemungkinan hingga ke luar negeri.

Baca Juga:  Kota Bogor Raih 10 Penghargaan Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021!

“Di Boxies ini juga bisa saja dijadikan pusat penjualan tanaman hias. Bagaimana caranya yang penting bagi masyarakat dan ekonominya juga bergerak. Dan kita bisa pulihkan ekonomi pasca pandemi ini dengan berjuang sama-sama,” kata Dedie.

Di tempat yang sama, perwakilan Panca Flora Indonesia, Rahmat Angga Saputra mengatakan bahwa Green Box Gardening & Plants diisi oleh berbagai jenis tanaman hias. Bahkan, ada tanaman yang memiliki harga yang terbilang fantastis.

Soft opening juga dihadiri perwakilan dari manajemen Boxies 123 Mal, Camat Bogor Timur, Lurah Tajur, dan Kepala Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bogor serta para petani tanaman hias dari Kecamatan Bogor Selatan. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.