Taman di Kota Bogor Kembali Dibuka, Jam Operasional dan Pengunjung Dibatasi

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membuka kembali taman publik yang ada di Kota Bogor. Keputusan ini menyusul pemberlakuan PPKM level 2 di Jabodetabek dengan kapasitas pengunjung maksimal 75 persen. Pembukaan ruang publik tersebut diberlakukan sejak, Senin (14/3/2022), dengan pembatasan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Menurut Wali Kota Bogor, Bima Arya, keputusan untuk membuka semua ruang publik dan taman-taman di Kota Bogor tidak terlepas dari data dan fakta kondisi Kota Bogor yang disampaikan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di Kota Bogor.

banner 325x300

“Jadi kita putuskan untuk membuka ruang publik dan taman-taman, tidak usah lagi diberi garis pembatas, tapi semuanya diusahakan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Salah satunya seperti di kawasan Sempur yang secara langsung saya cek, bagus dan semua masuk secara disiplin,” kata Bima Arya saat memimpin briefing staff di Taman Heulang, Kota Bogor, Selasa (15/3/2022).

Penggunaan aplikasi Peduli Lindungi lanjut Bima Arya, diusahakan di taman-taman besar, seperti Alun-Alun Kota Bogor, Taman Heulang dan Taman Sempur. Sementara untuk taman-taman kecil jika tidak memungkinkan, maka disesuaikan. Untuk itu kepada jajaran Satpol PP Kota Bogor dan kasi trantib wilayah, Bima Arya meminta untuk melakukan pengawasan.

Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zacky menuturkan, pembukaan kembali Alun-Alun dan taman-taman besar di Kota Bogor secara resmi dibuka, Senin (14/3) sesuai dengan kondisi Kota Bogor yang sudah turun ke PPKM level 2.
Khusus untuk Alun-alun Kota Bogor, area yang memiliki akses keluar masuk Stasiun Bogor akan dibuka hingga pukul 23.00 WIB.

“Uji coba penerapan prokes telah dilakukan pada seluruh taman di Kota Bogor,” katanya.
Untuk pencegahan lebih lanjut, Pemkot Bogor melalui perangkat daerah terkait melakukan perawatan taman dengan melakukan penyemprotan disinfektan setiap harinya setelah taman ditutup.
Irfan menyatakan, persyaratan untuk memasuki ruang terbuka publik, taman dan area fasilitas adalah vaksinasi secara lengkap. Mulai Rabu (16/3) besok, prokes semakin diperketat dengan menempelkan stiker khusus bagi warga yang masuk taman atau area olahraga sebagai tanda telah diperiksa di pintu masuk.

Baca Juga:  DPP SWI Apresiasi Anggotanya Dapat Penghargaan di HPN 2023 Medan "Semua Anggota SWI Terus Berkarya"

“Yang jelas sudah divaksin karena kita sudah pakai Peduli Lindungi, kalau memang belum divaksin akan diarahkan untuk vaksinasi dulu. Jadi prosedurnya ketika masuk taman yang pertama cek suhu di bawah 37 derajat diperbolehkan masuk,” katanya.
Irfan menyebutkan, Kota Bogor memiliki 5-6 taman favorit yang biasa dikunjungi warga, seperti Taman Kencana, Taman Sempur, Taman Ekspresi, Taman Heulang, Alun-Alun Kota Bogor dan Taman Peranginan. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *