Presiden Dorong Pemeliharaan Aset Kebudayaan Negara Pura Tirta Empul

Presiden Dorong Pemeliharaan Aset Kebudayaan Negara Pura Tirta Empul

Sorotrakyat.com | Bali – Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke cagar budaya Pura Tirta Empul, Gianyar, Bali, Presiden Joko Widodo pada hari Jumat, 6 Mei 2022. Menekankan pentingnya pemeliharaan aset budaya.

Pura Tirta Empul berada di sebelah timur Istana Kepresidenan Tampaksiring ini, memiliki sumber mata air yang sangat jernih dan selalu digunakan sebagai tempat upacara keagamaan dan pada zaman sekarang tempat tersebut banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Presiden Indonesia ke tujuh Jokowi, sapaan akrabnya ini, mendorong kepada seluruh pihak, baik pemerintah daerah maupun masyarakat, untuk bersama-sama memelihara keasrian salah satu aset negara supaya tetap terjaga.

banner 325x300
Sambutan Masyarakat Kepada Presiden Saat Kunjungan Pura Tirta Empul

“Saya titip pesan, tetap jaga protokol kesehatan, jaga kebersihan, karena ini adalah aset negara, aset rakyat, aset masyarakat adat. Memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di desa adat dan juga pemerintah daerah,” tegasnya, pada Jumat (6/5). Diketahui, Pura Tirta Empul termasuk dalam lanskap subak dan pura daerah aliran sungai (DAS) Pakerisan. Dan, tyang telah ditetapkan pada tahun 2012 menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sambutan Masyarakat Kepada Presiden Saat Kunjungan Pura Tirta Empul

Selaku Bendesa adat Pura Tirta Empul, Made Mawiarnata, yang pada saat itu mendampingi Kepala Negara, mengatakan saat awal pandemi covid-19, pariwisata di Pura Tirta Empul sangat menurun. Namun, saat ini wisatawan mulai meningkat kembali. “Pada saat ini wisatawan sudah mulai berdatangan, terutama dari wisatawan domestik. Dari mancanegarapun sudah ada, namun hanya beberapa saja,” jelas Made. Lebih lanjut lagi, Made Mawiarnata mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk memperkenalkan kembali Pura Tirta Empul secara luas. Tujuannya ini, agar dapat lebih menarik wisatawan untuk berkunjung ke cagar budaya tersebut.

Pada kesempatan itu Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana juga turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut. (Red)

Baca Juga:  Turunkan Stunting, Dedie dan Yantie Rachim Salurkan Bantuan Ayam dan Telur

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *