Ajukan Hutang Rp64 miliar, Perumda Tirta Pakuan Minta Restu DPRD

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Terkait pengajuan hutang sebesar Rp64 miliar untuk mengembangkan bisnisnya Perumda TIrta Pakuan Kota Bogor, meminta restu DPRD Kota Bogor.

Dalam rapat, Ketua Komisi II DPRD Kota Bogor, Edi Darmawansyah, mengungkapkan pihaknya masih akan melakukan pengkajian terkait skema pinjaman tersebut.

banner 325x300

“Kami akan mempelajari terlebih dahulu dan mendalami untuk apa pemanfaatan yang akan dia (Perumda Tirta Pakuan, Red) pinjam,” ujar Edi, Senin (16/5).

Usai menggelar rapat pada akhir bulan April lalu, Edi mengaku saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Kementerian keuangan, Kementerian PUPR dan instansi lainnya yang terkait.

Hal itu bertujuan untuk mendapatkan informasi skema peminjaman yang akan dilakukan oleh direksi Perumda Tirta Pakuan.

“Jadi yang jelas terkait program yang diajukan Perumda Tirta Pakuan, Komisi II akan mempelajari secara mendalam. Penuh dengan kehati-hatian supaya tetap dilandasi dengan kemampuan Perumda Tirta Pakuan untuk bisa mengembalikan pinjaman itu,” kata Edi.

Berdasarkan dari penyampaian oleh DIreksi Perumda Tirta Pakuan, pinjaman tersebut dipastikan tidak akan memberatkan APBD dalam hal pembayarannya. Sedangkan untuk skema pengembalaiannya diprediksi akan berlangsung selama 10 hingga 15 tahun dengan subsidi bunga sebesar 50 persen.

“Pinjaman ini diupayakan akan bisa terealisasi di tahun ini. Jadi mereka akan mempersiapkan pengajuannya, segala persyaratan jaminan dan segala rupa,” tegas Edi.

Jika menelisik keuntungan yang diperoleh oleh Perumda Tirta Pakuan selama lima tahun terakhir, Edi percaya jika Perumda Tirta Pakuan mampu untuk membayar hutang yang akan dipinjam ini. Namun, ia mengingatkan kepada jajaran direksi agar jangan sampai hutang yang diajukan tahun ini menjadi beban bagi direksi selanjutnya, sehingga perlu perhitungan yang matang.

Baca Juga:  Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II Dicek Langsung Kasdim 0736/Batang

“Secara sekilas ini sangat memungkinkan. Karena tadi sudah dipaparkan kepada komisi II. Mereka punya kemampuan sumbernya dari mana saja,” pungkas Edi. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *