Pemkot Bogor Jadi Pilot Project Implementasi e-Materai

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – PT Digital Logistik Internasional menggelar audiensi dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya yang didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Bogor, Rahmat Hidayat di Paseban Suradipati, Balai Kota Bogor, Kamis (16/6/2022). Audiensi ini terkait dipilihnya Kota Bogor untuk pilot project implementasi e-Materai yang sudah dicanangkan Menteri Keuangan (Menkeu) sejak 1 Oktober 2021 lalu.

“Kami PT Digital Logistik Internasional merupakan mitra strategis Peruri dan ditunjuk Peruri untuk menyosialisasikan e-Materai di seluruh Indonesia,” ujar Direktur Teknik PT. Digital Logistik Internasional, Dhani Bachtiar.

banner 325x300

Dhani mengatakan, dipilihnya Kota Bogor sebagai kota pilot project penerapan e-Materai ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, ia melihat Pemkot Bogor merupakan salah satu pemerintah kota yang kreatif, modern dan sudah menerapkan teknologi dengan sangat baik dan terbiasa dengan transformasi digital.

“Pemkot Bogor sudah melakukan banyak transformasi digital sehingga pasti bisa lebih cepat menerapkan e-Materai,” imbuhnya.

Setelah audiensi ini akan ada penjelasan teknis lebih lanjut, kemudian dilakukan diskusi terkait integrasi aplikasi yang dimiliki Pemkot Bogor dengan aplikasi untuk e-Materai. Setelah itu dilakukan simulasi secara live. Dari simulasi akan terlihat apa ada masukan atau perubahan, jika sudah langsung bisa diterapkan.

“Proses ini bisa sekitar satu sampai dua bulan, setelah selesai semua bisa langsung terealisasi,” jelasnya.

Dhani menjelaskan, saat ini sosialisasi dan implementasi e-Materai sedang berjalan khususnya untuk perusahaan dan pemerintah. Pemerintah pusat pun memberikan batas waktu sampai akhir Desember 2022 sembari menghabiskan stok materai tempel di pasaran. Mengingat setelahnya tidak ada lagi materai tempel dan materai tera.

“Kami juga sudah ditugaskan untuk membuat Sistem e-Materai Distribusi. Jadi ke depan ketika masyarakat mau beli materai, mereka beli kemudian akan mendapatkan email berupa kode, lalu masuk ke sistem, file yang mau diberi materai di upload dan kemudian ditempel secara digital,” katanya. (Red)

Baca Juga:  Sekda Kota Bogor Minta Tim Pembina UKS/M Dievaluasi

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *