Pemkot Bogor Tandatangani MoU dengan Institut Agama Islam Tazkia

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Agama Islam (IAI) Tazkia tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Penandatanganan dilakukan Rektor Institut Agama Islam (IAI) Tazkia, Murniati Mukhlisin dan Wali Kota Bogor, Bima Arya yang diwakili Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Rudy Mashudi bersama Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bogor, Marse Hendra Saputra di Kampus IAI Tazkia, Jalan Ir. H. Juanda, Sentul, Kabupaten Bogor, Selasa (14/6/2022).

banner 325x300

Selain penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan juga closing student dynamic session dengan tema ‘Ekonomi Syariah Untuk Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat Madani di Kota Bogor’.

Kepala Bappeda Kota Bogor, Rudy Mashudi berkesempatan memberikan materi dalam kuliah umum kepada para mahasiswa IAI Tazkia.

“Konsepsi ekonomi syariah secara umum menjadi bagian integral dari ajaran agama islam yang bersifat universal dan komprehensif. Poin ini kita kuatkan melalui regulasi yang dimiliki Kota Bogor berupa Perwali terkait Kota Halal,” kata Rudy Mashudi.

Diharapkan kerja sama yang ada bisa lebih detail dan bisa mengembangkan Kota Bogor sebagai Kota Halal.

“Yang diperlukan saat ini adalah penguatan dari sesi teknis, dilengkapi salah satu melalui kajian-kajian yang sifatnya akademis, diantaranya dengan IAI Tazkia. Semoga kolaborasi dan sinergi menguatkan yang menjadi visi Kota Bogor serta yang utama mampu menghadirkan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi warga Kota Bogor,” harapnya.

Usai penandatanganan, Rektor IAI Tazkia, Murniati Mukhlisin menyampaikan apresiasi atas program maupun kegiatan yang dimiliki Pemkot Bogor, khususnya yang sejalan dan sesuai dengan syariah islam. Menurutnya hal tersebut menjadi kenyamanan yang dijanjikan dan diberikan untuk semua.

Baca Juga:  Ketua DPRD Atang Kecewa! Raperda Santunan Kematian dan Raperda Dampak Pinjol di Kota Bogor Tidak Disetujui Pemprov Jabar

“Pembangunan Kota Bogor dalam bidang ekonomi, investasi dan perdagangan-perdagangan menjadi celah atau kesempatan dan tugas kita selaku kampus, khususnya warga kampus IAI Tazkia yang kepakarannya ekonomi dan keuangan syariah untuk berkontribusi,” kata Rektor.

Menurutnya, kehadiran jajaran Pemkot Bogor yang dipimpin Wali Kota Bogor, Bima Arya yang merupakan salah satu tokoh politik nasional menjadi satu momen bagi para mahasiswa untuk belajar tentang pengaruh politik terhadap bisnis syariah, terhadap kancah peraturan dalam pendidikan dan hukum hingga terhadap dakwah, sehingga diharapkan terjadi satu kepakaran dari para mahasiswa IAI Tazkia.

Beberapa kontribusi yang diberikan IAI Tazkia adalah mendampingi para pelaku UMKM Kota Bogor dalam sertifikasi halal. Selain itu bersama dinas terkait melakukan pengecekan timbangan para pedagang di pasar-pasar di Kota Bogor.

Di bidang sosial melalui program pemberdayaan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi dhuafa, memberikan bantuan modal dan bimbingan bagi warga yang kurang mampu di Kota Bogor.

” Kegiatan ini telah berjalan selama 12 tahun dan mampu merubah karakter para penerimanya,” kata Rektor. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *