Festival UMKM Sumbawa 2022  Hadirkan Kuliner Khas Lokal dan Nusantara

Sorotrakyat.com | Sumbawa – Perhelatan MXGP Samota Sumbawa diharapkan banyak kalangan dapat berdampak pada bertambahnya tingkat pendapatan dan perputaran uang di Kabupaten Sumbawa. dengan demikian akan membawa kesejahteraan bagi warga Masyarakat dan para pelaku UMKM.

Demikian pesan Sekretaris Dinas KUMKM Perindag Kabupaten Sumbawa Khairuddin SE.MSi. ketika ditemui awak media  Kamis (23/6/2022) di salah satu Panggung Hiburan arena Festival UMKM Sumbawa 2022 Taman Mangga Sumbawa Besar.

banner 325x300

“Kita Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi UMKM  Perindustrian dan Perdagangan menggelar Festival UMKM  Sumbawa 2022 sampai Tanggal 26 Juni 2022 dalam rangka memeriahkan dan menangkap peluang dari situasi keramaian MXGP di Kabupaten Sumbawa,” sebut Kher sapaan akrab pejabat daerah yang juga penghobi  Olahraga sepeda ini.

“Untuk UMKM, Kita diberi tempat di event MXGP of Indonesia Samota Sumbawa di Sekitar arena Rocket Motor Sirkuit, ada sekitar 260 Stand yang bisa diisi satu UMKM sesuai situasi atau dua UMKM, dan UMKM yang masuk sudah Kita Kurasi yakni diberikan standar – standar bagaimana standar kebersihan, standar penyajian, cita rasa yang kiranya bisa diandalkan,” ucapnya.

Selain di MXGP juga festival UMKM digelar di taman mangga sebagaimana yang kita saksikan ini, juga di taman Bugis, Pantai Jempol, Pelabuhan Badas, Simpang Bingung serta juga kita memantau di beberapa tempat di wilayah Kota Sumbawa di seputar Hotel penginapan para rider  ikut berpartisipasi dalam rangka memeriahkan, karena infonya  kemungkinan tamu akan ada sekitar 50.000 penonton,  paling tidak dari situ kita harus menyediakan bagaimana pemenuhan  kuliner, cenderamata dan hasil-hasil kerajinan. 

Adapun  di taman Mangga Sumbawa Besar juga sebagai sentra bagi   UMKM kita selain di MXGP, untuk kita sajikan  produknya, ada berbagai kuliner hasil kerajinan maupun  hasil kreativitas UMKM juga ada partisipasi dari penduduk Sumbawa dari berbagai etnis di  NTB dan Indonesia seperti Etnis Sasak, Palembang, Flabamora, Jawa dan lain sebagainya yang bermukim di Kabupaten Sumbawa, semua antusias ikut berpartisipasi.  di sini  juga  ada live musik setiap malam sampai tanggal 26 Juni 2022.

Baca Juga:  Presiden Sampaikan Kekuatan Besar Indonesia pada HUT Ke-78 RI

“Jadi acaranya kita mulai resminya mulai tanggal 23 dan lebih  di persiapkan pada tanggal 24, 25, dan 26  Juni 2022, jadi hari ini kita sudah mulai start karena ternyata antusiasme masyarakat tinggi dan sudah mulai banyak pengunjung  yang memanfaatkan  untuk berbelanja di seluruh area termasuk di taman mangga ini,” terangnya.

Sementara untuk UMKM di area MXGP otomatis besok baru dimulai di buka  tanggal 24 dan insyaallah kita siap di arena Sementara di Taman Mangga kita lihat sejak kemarin  sudah dapat berbelanja kuliner  makanan dan minuman  “udah jalan dan ready,” pungkas Kher.

Dari pemantauan awak media ada beberapa menu yang disajikan seperti nasi goreng, nasi campur, mie goreng, Bakso, Ayam Bakar, Iga Bakar, Sate Pusuk, Pelcing, Pelu, Jagung Bakar,  semuanya sangat mengundang selera terlebih lagi ada beragam jeni minuman segar dan olahan para UMKM kita ada es Campur, Es Jomblo, Kopi dan aneka minuman lainnya.

Ditengah ramainya pengunjung tampak Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq  ikut memberikan apresiasi dan sesekali menyapa dan  berbelanja produk UMKM. Kepada media Abdul Rafiq menyampaikan Festival UMKM Sumbawa 2022 adalah bentuk apresiasi kepada para Pelaku UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang. 

“Para Pelaku UMKM ini akan dapat menawarkan produk unggulannya kepada para pengunjung, juga dapat menjaring peluang untuk mendapatkan Investor dalam mengembangkan usahanya. Kita tahu dengan event internasional di gelar di Sumbawa maka partisipasi publik dari kalangan yang lebih luas terbuka lebar, tinggal pintar pintarnya UMKM kita menjadikan festival ini sebagai penguit bahkan memajukan usahanya, Sukses Selalu UMKM kita, dan ingat mari bela beli produk UMKM kita!,” ajak Rafiq.
( Shanty Rd )

Baca Juga:  Savaz Band dan Edwin M Mengentak Panggung Hiburan Halal Bihalal 1444 H bersama Kasad

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *