Dedie Rachim Terima CSR 10 Gerobak dan 3 Kontainer Tempat Sampah

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Plh. Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menerima bantuan CSR berupa 10 gerobak dan 3 kontainer tempat sampah dari Adira Finance dalam membantu pengelolaan sampah di Kota Bogor.

Penyerahan dilakukan di Plaza Balai Kota Bogor didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Denni Wismanto dan Kepala Bagian Prokompim Setda Kota Bogor, Rudiyana.

banner 325x300

Menurut Dedie, bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Adira Finance yang selalu memberikan kontribusi maupun bantuan CSR bagi Kota Bogor. Bahkan, ketika masa pandemi Covid-19.

“Kali ini kembali Adira Finance memberikan perhatian kepada Kota Bogor dalam rangka mendukung program Kota Bogor yang peduli terhadap lingkungan. Kami menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kontribusi untuk membantu program Pemerintah Kota Bogor,” kata dia.

Selanjutnya, untuk pendistribusian bantuan ini sudah ada daftar wilayah yang gerobaknya sudah rusak dan juga beberapa lokasi yang belum mendapatkan gerobak atau kontainer sampah. Jumlah gerobak maupun kontainer sampah yang ada diakuinya masih jauh dari ideal, karena kebutuhan gerobak sampah masih banyak.

Dedie menyatakan, kebutuhannya per tahun mencapai 600 gerobak untuk seluruh kelurahan, dimana setiap kelurahan membutuhkan 5-10 gerobak dalam mengelola sampah di wilayahnya.

“Saat ini Pemkot Bogor melalui perangkat daerah terkait setiap tahun baru sanggup membuat 57-60 gerobak sampah. Jadi kalau dengan bantuan yang diterima setidaknya bisa mendekatkan antara jumlah permintaan dengan jumlah ketersediaan barangnya,” jelasnya.

Untuk mengedukasi warga mengenai program pengelolaan sampah mulai dari rumah, Dedie menjelaskan, Pemkot Bogor mencoba mensinergikan dengan Program Ciliwung, khususnya di 13 kelurahan yang dilalui Sungai Ciliwung.

Pemkot Bogor terus berusaha dan menghimbau masyarakat agar membuang sampah ke tempatnya. Selain itu juga melalui fasilitas Bank Sampah yang ada di wilayah. Total ada 300 Bank Sampah yang aktif dari total 380 bank sampah di Kota Bogor.

Baca Juga:  Komisi III Soroti Anggaran Rp 5 Miliar Proyek Jalur Sepeda Jalan Jenderal Sudirman Kota Bogor

Belum lama ini DLH Kota Bogor bekerjasama dengan salah satu provider telekomunikasi meluncurkan program tukar sampah plastik menjadi pulsa di mal.

Rencananya program ini kedepan akan ditambah di titik lainnya dan bekerja sama dengan berbagai pihak agar lebih maksimal. Diharapkan program tersebut bisa juga dikerjasamakan dengan Adira Finance dalam mencicil kredit motor menggunakan sampah plastik bekerja sama dengan Bank Sampah, minimal bunganya bisa berkurang.

“Dan hal itu menjadi hal yang menarik,” kata Dedie.

Kepala DLH Kota Bogor, Denni Wismanto menambahkan, partisipasi masyarakat terus didorong dalam upaya mengelola sampah di Kota Bogor. Butuh banyak dukungan masyarakat, salah satunya pihak swasta.

“Bantuan ini juga menjadi dorongan untuk langkah kita dalam menata lingkungan dan semoga apa yang diupayakan bersama Pemkot Bogor dan pihak dalam menata lingkungan. Semoga tidak berhenti di gerobak, tapi juga yang lainnya. Alhamdulillah hingga saat ini sudah 14 persen sampah yang bisa kurangi,” sebut Denni.

Sebelumnya, Adira Finance juga mendukung Program Bogor Mengaji dengan memberikan bantuan berupa Al-Quran dan buku iqro. Sementara pada masa pandemi bantuan yang diberikan berupa alat-alat yang mendukung kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19, termasuk tempat sampah.

Perwakilan Adira Finance, Head of Regional SSD Jabodetabek, Suwanto didampingi Regional Collection Head Jabodetabek, Hendarto Nugroho menjelaskan, program CSR ini menjadi ikhtiar dan kontribusi dalam membantu keberlangsungan program Pemkot Bogor, khususnya dalam menata lingkungan atau kebersihan.

Ke depan tidak menutup kemungkinan Adira Finance memiliki keinginan memberikan bantuan dalam kegiatan atau program lain, seperti di bidang kesehatan, pendidikan dan sosial. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *