Kasetpres Umumkan Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Sorotrakyat.com | Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Setneg (Sekretariat Negara) mengumumkan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia yang mengambil tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Memasuki bulan Agustus, kemeriahan, nuansa, dan aura kemerdekaan pun semakin bertambah dengan berbagai kegiatan kenegaraan yang rangkaiannya akan dimulai dengan acara zikir kebangsaan pada Senin malam, 1 Agustus 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono selaku Ketua Pelaksana Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dalam keterangannya bersama dengan Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, pada Senin, 1 Agustus 2022. Hadir juga Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Rika Kiswardani, dan Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana.

banner 325x300

“Di 1 Agustus ini, sore ini kita membukanya dengan acara zikir kebangsaan yang akan dihadiri oleh tokoh-tokoh lintas agama dan juga Bapak Presiden Republik Indonesia juga akan hadir di sore hari sampai dengan menjelang malam,” ujar Kasetpres.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menambahkan bahwa pada tanggal 13 sampai dengan 22 Agustus 2022, panitia akan menyelenggarakan Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan di Sarinah, Jakarta. Dengan mengambil tema “Indonesia Menjawab”, pameran tersebut akan menampilkan ragam arsip berupa dokumentasi foto, video, dan dokumen-dokumen lainnya, serta bagaimana para Presiden RI menjawab tantangan pada zamannya.

“Kita akan lebih menekankan bagaimana para presiden, tujuh presiden ini menjawab krisis dan tantangan di zamannya masing-masing. Katakanlah di zaman Pak Soekarno bagaimana beliau menyatukan seluruh bangsa Indonesia. Masing-masing presiden punya tantangannya sendiri, punya krisis yang harus dijawab, dan yang terakhir di Presiden ke-7, Pak Presiden Jokowi menjawab tantangan krisis global bagaimana menjawab pandemi Covid-19 ini,” jelas Setya Utama.

Baca Juga:  Peduli Kesehatan Anak, Bhabinkamtibmas Sambangi Posyandu

Terkait pameran tersebut, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menambahkan bahwa mobil-mobil yang dipamerkan merupakan kendaraan yang pernah digunakan para Presiden RI mulai zaman Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi. Ia menekankan bahwa pameran tersebut gratis sehingga masyarakat didorong untuk datang melihat langsung pameran tersebut.

“Jadi itu bentuk dari kami bagaimana masyarakat bisa berfoto di depan mobil tersebut dan tentunya yang paling penting adalah pameran ini adalah gratis jadi masyarakat silakan berbondong-bondong ke Sarinah,” ungkap Bey.

Rangkaian acara berikutnya yaitu pada 10 Agustus 2022 akan ada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, diikuti oleh Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 di Istana Negara pada tanggal 11 Agustus 2022. Selanjutnya, pada tanggal 12 Agustus 2022 akan ada Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia di Istana Negara.

Setelah itu, di halaman Istana Merdeka juga akan digelar geladi kotor dan geladi bersih Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan. Pada tanggal 15 Agustus 2022, akan dilaksanakan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka di Istana Negara.

“Kemudian ada ini yang menarik buat terutama ibu-ibu dan semua masyarakat juga Hari Belanja Diskon Indonesia yang dimulai tanggal 15 Agustus,” tambah Setya Utama.

Pada tanggal 16 Agustus 2022, akan ada acara kenegaraan yang setiap tahun wajib untuk dilaksanakan yakni pidato kenegaraan dan pidato penyampaian RUU APBN tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI. Pada tanggal 16 malam harinya, akan dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Pada tanggal 17 Agustus 2022, acara inti yaitu Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan digelar di pagi hari dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada sore hari. Upacara pada tahun ini akan digelar secara hibrida dengan mengundang masyarakat untuk hadir secara fisik di Istana Merdeka maupun secara virtual.

Baca Juga:  Wamenkes dan Dedie Rachim Bahas Pengembangan RSUD Kota Bogor

“Tahun ini adalah kami di lingkungan Istana menyelenggarakan 17 Agustus sudah mulai terbuka dan kami akan mengundang para menteri, para ketua lembaga, dan juga beberapa petinggi perwira tinggi TNI-Polri dan kita tambahkan pada tahun ini juga kita mengundang masyarakat terbatas, kurang lebih 1.000-2.000 pada pagi hari dan 2.000-3.000 (orang) di sore hari. Ditambah kami panitia tetap menyelenggarakan secara virtual,” jelas Kasetpres.

Pada tanggal 18 Agustus 2022, akan ada peringatan Hari Konstitusi di Gedung MPR/DPR/DPD RI. Sebagai penutup, akan digelar festival Rhapsody of Archipelago (RoAr) sekaligus untuk menyambut para tamu-tamu G20 dan peluncuran Taman Mini Indonesia Indah yang saat ini sedang dibangun.

“Mudah-mudahan di akhir Agustus sudah rapi dan bisa kita gunakan untuk event RoAr tersebut, Rhapsody of Archipelago. Ya itu tadi rangkaian acara di bulan kemerdekaan dari tanggal 1 sampai dengan akhir bulan Agustus,” ungkap Setya Utama. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Website: https://www.presidenri.go.id
YouTube: Sekretariat Presiden

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *