Dedie A. Rachim Kirim Kontingen Terbaik di Jamnas XI

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Kontingen Jambore Nasional (Jamnas) XI Pramuka Kwarcab Kota Bogor melakukan audiensi dengan Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor di Paseban Narayana, Balai Kota Bogor, Jumat (5/8/2022).

Audiensi ini untuk mendapatkan pengarahan dan penguatan dari Ketua Kwarcab kepada 16 peserta Jamnas yang terdiri dari dua regu, yakni regu putra delapan orang dan regu putri delapan orang.

banner 325x300

“Pastikan untuk booster sebelum berangkat. Insya Allah dengan dorongan dan doa dari orang tua kalian bisa melaksanakan rangkaian kegiatan dengan aman sampai nanti kembali ke Bogor,” ujar Dedie.

Wakil Wali Kota mengatakan, ada tujuh poin yang harus diingat. Pertama, jaga kekompakan, karena biar bagaimanapun hanya saudara dan teman yang bisa diandalkan jika terjadi hal-hal yang diperlukan atau darurat. Kedua, menjaga nama baik Kota Bogor dengan jalin persahabatan dengan seluruh peserta Jamnas. Ketiga, jadikan Jamnas ini sebagai kesempatan untuk menambah wawasan, jejaring pertemanan, aktualisasi diri dan menambah pengalaman.

“Keempat, bisa menunjukkan prestasi yang maksimal, pada saat situasi seperti ini banyak sekali kesempatan untuk berkarya dan untuk eksistensi. Tunjukkan Kwarcab Kota Bogor bisa menorehkan prestasi di Jamnas ke-XI ini,” jelasnya.

Selanjutnya, poin kelima harus bisa jaga diri, mengingat kegiatan cukup lama sekitar satu minggu.

“Apalagi tidurnya di tenda yang tentu saja akan banyak tantangan seperti hujan, petir dan hewan,” tuturnya.

Keenam selalu melaksanakan ibadah dan ketujuh saling membantu teman saat menghadapi situasi sulit, selain memimpin diri sendiri juga tunjukkan kepemimpinan yang santun dan sesuai musyawarah mufakat.

“Kalian kader calon pemimpin masa depan, suatu saat bisa menjadi wali kota, presiden, jangan egois, jangan mempertahankan pendapatnya hanya untuk kemenangan sendiri. Tujuh poin ini harus bisa disampaikan juga ke temen-temen Jamnas dari kota lain,” terangnya.

Baca Juga:  Dharma Pertiwi Gelar Halal Bihalal Wujudkan Keluarga Tangguh ,Produktif dan Inovatif

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bogor M. Nurwaly mengatakan, Jamnas yang ke-XI ini dilaksanakan dari 14-21 Agustus di Bumi Perkemahan Cibubur. Pihaknya mengirimkan satu regu putra dan satu regu putri masing-masing delapan orang dengan satu pembina putra dan satu pembina putri.

“Kami bertemu dengan Kwarcab untuk mendapat pengarahan, penguatan dan Insya Allah akan dilepas Ka Kwarcab pada 12 Agustus nanti,” katanya.

Ia menerangkan, di Jamnas, kontingen mengikuti kegiatan mulai dari pagi, siang, malam dan di akhir kegiatan seluruh peserta akan mendapatkan tanda keikutsertaan jambore yang digelar lima tahun sekali. Tak ayal ini merupakan kesempatan sekali seumur hidup dan piagam penghargaan pun bisa jadi Japres di jenjang lebih tinggi.

“Kwarcab memang ada kewajiban untuk mengirimkan kontingen ke Jamnas. Alhamdulillah dari Jamnas pertama sampai ke-XI Kota Bogor ikut terus tidak pernah putus,” katanya.

Kak Wali sapaannya menyebutkan, ada 16 peserta yang ikut Jamnas ini merupakan para Pramuka Garuda atau golongan tertinggi penggalang dan sudah lolos seleksi dari tingkat ranting sampai ke tingkat cabang.

“Seleksinya ada tes pengetahuan, tes kesamaptaan dan keterampilan, karena di Jamnas ada beberapa kegiatan lomba yang harus diikuti, jadi mereka ini sudah best of the best,” katanya. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *