Kormi Cileunyi Sabet Juara Umum Fotrad Kabupaten Bandung

Sorotrakyat.com | Bandung – Tim Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kecamatan Cileunyi menjadi Juara Umum Festival Olahraga Tradisional Tingkat Kabupaten Bandung (Fotradkab), yang digelar dua hari di Komplek Pemkab Bandung, Sabtu-Minggu (28-29/8/2022). Dengan raihan 2 emas, 2 perak dan 4 medali perunggu, Tim Kormi Cileunyi berhak meraih Trophy Bupati Bandung.

Dalam sesi penutupan Fotradkab diumumkan pula juara Senam Bandung Bedas Kategori PKK diraih Kecamatan Pasirjambu, dan Juara Senam Bandung Bedas dari Kormi Kecamatan Cikancung.

banner 325x300

Ketua Kormi Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna mengatakan Fotradkab yang pertama kali ini telah dilaksanakan dengan baik, meriah dan sukses. Emma mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terkait, sehingga upaya Kormi dalam rangka meningkatkan daya saing daerah Kabupaten Bandung dapat tercapai.

Khususnya kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna beserta seluruh jajaran Pemkab Bandung, yang telah memberikan dukungan penuhnya, sehingga Fotradkab dapat dilaksanakan dengan meriah, masal dan menarik.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh pegiat olahraga tradisional Kabupaten Bandung yang telah menorehkan prestasinya dengan baik. Mudah-mudahan keberhasilan tersebut dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi pegiat lainnya yang belum berhasil meraih juara,” ucap Emma saat penutupan Foltrad Kormi di Gedong Budaya Soreang, Minggu (28/8/2022) malam.

Emma menyebut ada 52 cabang olahraga (cabor) tradisional yang bernaung di bawah Kormi Kabupaten Bandung. Namun pada festival pertama kali ini baru delapan cabor yang dipertandingkan. Antara lain egrang, sumpitan, lari balok, panahan tradisional, ketapel, hadang, tarik tambang dan Senam Bugar Bandung Bedas.

“Untuk itu saya berharap pada Fotradkab selanjutnya, cabor yang dilagakan akan terus bertambah, mengingat potensi pegiat olahraga tradisional Kabupaten Bandung sangat banyak. Mari kita bersama-sama ikut melestarikan olahraga tradisional, sehingga ke depan akan terjaring para pegiat potensial dengan cabor yang lainnya,” kata Emma.

Baca Juga:  Dedie Rachim Harapkan Kemenkominfo Bisa Melatih Transformasi Digitalisasi UMKM Untuk Semua Masyarakat

Fotradkab kali ini diikuti oleh sekitar 3.000 pegiat olahraga dari 31 kecamatan dengan 21 kategori. Peserta akan memperebutkan 303 medali dan 1 thropy Bupati Bandung. Kepada yang menjadi juara Emma berharap mudah-mudahan kemenangan kali ini menjadi starting point untuk melangkah ke tingkat yang lebih tinggi.

“Selain itu juga dapat menjadi motivasi dan pelecut semangat untuk terus berkontribusi untuk pembangunan Kabupaten Bandung yang bangkit, edukatif, dinamis, agamis dan sejahtera (Bedas),” ujar Emma Dety yang juga merupakan istri dari Bupati Bandung Dadang Supriatna ini.

Emma menjelaskan Fotrdkab ini digelar untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar turut peduli dalam pengembangan dan melestarikan olahraga tradisional yang merupakan aset budaya daerah.

Lebih dari itu untuk memperkenalkan kembali olahraga kepada generasi penerus juga menjadi ajang penjaringan, untuk mendapatkan bibit-bibit atlet potensial yang nantinya bisa mewakili Kabupaten Bandung di tingkat provinsi maupun nasional.

Di samping itu, olahraga tradisional ini dikemas sebagai daya tarik wisatawan karena merupakan perpaduan antara olahraga, kreasi seni dan budaya daerah tertentu, untuk dijadikan suatu tontonan yang menarik yang merupakan warisan budaya nenek moyang.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengapresiasi Fotrad Kabupaten Bandung ini, terlebih lagi sebelumnya Kormi Kabupaten Bandung menjadi juara umum pada Festival Olahraga Rekreasi Provinsi (Forprov) IV Jawa Barat Juni 2022, dengan raihan 13 emas, 10 perak dan 9 perunggu.

“Tolong dipertahankan Kormi Kabupaten Bandung sebagai Juara Umum Forprov Jabar, tambah terus cabang olahraganya. Setiap kecamatan harus bisa memelihara atlit-atlitnya. Sehingga pada Forprov selanjutnya, Kormi Kabupaten Bandung tetap bertahan sebagai juara umum,” harap Bupati Bandung.

Peraih medali emas kontingen Kabupaten Bandung pun mewakili Jawa Barat pada ajang Festival Olahraga Nasional (fornas) VI Palembang, dengan raihan medali 7 emas, 3 perak dan 5 perunggu. Berkat raihan prestasi tersebut, Kabupaten Bandung telah ditunjuk sebagai tuan rumah Festival Olahraga Nasional tahun 2023 mendatang. (Red)

Baca Juga:  Jembatan Gantung Wear Fair Diresmikan Presiden

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *