Dedie Ingatkan Pentingnya Kesehatan Anak di Sekolah

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim membuka rapat koordinasi dan penguatan Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di Ole Suites Hotel, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Selasa (30/8/2022).

Rakor ditujukan dalam upaya untuk mewujudkan generasi sehat dan berkarakter. Terutama di masa pandemi Covid-19, peran Tim Pembina UKS/M menjadi penting untuk mengawal kesehatan siswa siswi di sekolah.

banner 325x300

Rakor ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nomor 7 Tahun 2022 Tentang diskresi pelaksanaan keputusan bersama empat menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid 19).

Untuk itu, saat membuka rakor, Dedie mengingatkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Paling utamanya soal kesehatan siswa siswi di sekolah. Bagaimana memastikan gizi dari pangan mereka tercukupi dengan baik.

“Penelitian pernah menyebut bahwa orang Bogor tidak senang makan buah dan sayur, protein, hal itu yang seharusnya diawasi dan dijaga agar terhindar dari penyakit – penyakit,” kata Dedie.

Tak hanya soal gizi, peran Tim Pembina UKS/M juga untuk mengajak seluruh siswa dan siswa sekolah atau madrasah untuk rajin berolahraga. Olahraga, kata Dedie, adalah salah satu upaya untuk pencegahan berbagai penyakit.

Program UKS/M merupakan upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan mengembangkan serta meningkatkan kemampuan sehat dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta derajat kesehatan peserta didik melalui pelaksanaan UKS.

“Visinya untuk mewujudkan sekolah sehat nyaman dan berprestasi di Kota Bogor. Tentu dengan misi menerapkan manajemen program UKS/M kota Bogor secara konsisten dan berkesinambungan,” sambungnya.

Terakhir, juga mengoptimalkan pelaksanaan Trias UKS yang meliputi pelaksanaan pendidikan kesehatan pelayanan kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat. Serta menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan aman agar dapat mendukung proses belajar mengajar. (Red)

Baca Juga:  Sidak Pasar Citereup, Pastikan Ketersediaan Minyak Goreng Curah

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *