Dedie Rachim: Kota Bogor Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2026

Sorotrakyat.com | Bandung – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengikuti rapat kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 di Hotel Preanger, Kota Bandung, Rabu (7/9/2022). Rapat kerja ini untuk mempersiapkan event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar ke-15 Tahun 2026 mendatang.

Beberapa kota, termasuk Kota Bogor, akan menjadi calon tuan rumah dalam helatan olahraga tersebut. Untuk itu, masing – masing kota diminta untuk memaparkan kesiapannya menjadi tuan rumah.

Mengawali paparannya, Dedie mengatakan bahwa Kota Bogor siap untuk menjadi tuan rumah Porprov Jabar Tahun 2026. Untuk bagaimana kemudian, Kota Bogor tentu melakukan segala persiapan untuk mendukung suksesnya helatan tersebut.

“Sehingga dapat menunjang seluruh rangkaian kegiatan pada Porprov 2026. Yang pertama tentu kami sudah memiliki banyak fasilitas olahraga yang cukup memenuhi standar,” kata Dedie.

Diantaranya, Kota Bogor sedang melakukan pembangunan enam stadion mini yang berada di masing – masing kecamatan. Tahun ini, akan ada tiga diantaranya yang siap untuk menunjang Porprov.

Diluar itu, Kota Bogor memiliki fasilitas pendukung lainnya. Seperti 21 rumah sakit yang memungkinkan bertambah, kampung atlet, hingga revitalisasi kawasan GOR Pajajaran yang nantinya bisa berkapasitas 20.000 penonton dan berstandar internasional.

“Untuk GOR Pajajaran Inpresnya sudah selesai dan mudah – mudahan tahun ini ditandatangani Presiden. Dan bisa mulai dikerjakan tahun 2023 mendatang sehingga di 2025 atau awal 2025 bisa rampung,” jelas Dedie.

“Kita juga memiliki 15 hotel bintang satu dan dua, 24 hotel bintang tiga, 4 hotel bintang empat, dengan daya tampung 10 sampai 15 ribu dan kisaran harga yang worth it (terjangkau). Kita juga bekerja sama dengan PHRI,” sambung Dedie.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, kata Dedie, juga berkomitmen untuk menyiapkan anggaran bantuan untuk terselenggaranya Porprov 2026 senilai Rp 50 Miliar. Termasuk implementasi teknis yang juga ikut dilakukan.

Di tempat yang sama, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Brigadir Jenderal TNI (Purn.) Ahmad Saefudin menyampaikan kepada seluruh kota/kabupaten yang menjadi calon tuan rumah Porprov Jawa Barat ke-15 Tahun 2026 mendatang agar menyiapkan segala kebutuhan.

Dalam waktu dekat, KONI Jawa Barat akan menentukan kota mana yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Saat paparan, Dedie didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kepala Bappeda dan Ketua KONI Kota Bogor. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Exit mobile version