Peringati Hari Kopi Internasional, Gelar Seni Budaya dan Bazar UMKM

Sorotrakyat.com | Bandung – Sedikitnya 27 pelaku usaha kedai kopi di wilayah kecamatan Cicalengka dan para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) juga pelaku seni budaya hadir pada Pagelaran Seni Budaya dan bazar UMKM yang bertemakan Sapangadeg (Sacangreud Pageuh Ngariung Deuheus Gapura) yang berlangsung di gedung pertemuan rakyat Siliwangi jalan raya Cicalengka Desa Cicalengka kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung (1/10/2022).

Sekretaris Dinas pemberdayaan Masyarakat dan desa (DPMD) Kabupaten Bandung Solihin,S.sos, sekretaris Dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Bandung aten Sonadi, Camat Cicalengka Cucu Hidayat dan sejumlah pihak lainnya turut memberikan motivasi pada kegiatan tersebut.

banner 325x300

Kegiatan yang diprakarsai LKC (Lingkar Kopi Cicalengka) dan Patriot desa ini dalam upaya untuk meningkatkan potensi daerah yang ada di wilayah kecamatan Cicalengka .

“Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya yang luar biasa untuk event ini, diharapkan bisa membantu apalagi saat ini pemerintah sedang berupaya dalam hal mengendalikan inflasi, salah satunya dengan meningkatkan ekonomi masyarakat,
Mudah mudahan event ini menjadi inspirasi bagi yang lain, apalagi kopi kab Bandung adalah kopi terbaik se-Indonesia bahkan cukup dikagumi oleh penikmat kopi dari mancanegara,” kata Sekretaris DPMD Solihin pada saat membuka acara Pagelaran Seni Budaya dan Bazar UMKM.

Menurut Ketua Penyelenggara dari Komunitas Lingkar Kopi Cicalengka (LKC) M Fazar Nooriman, kegiatan ini merupakan kegiatan yang ketiga di wilayah kecamatan Cicalengka, dan untuk kegiatan kali ini bekerja sama dengan Patriot Desa Provinsi Jawa barat dan Pemerintah Kabupaten Bandung yang bertujuan dalam rangka memperingati hari kopi internasional dan menjadi momentum untuk membangkitkan kembali bagi para pegiat kopi di Cicalengka, dimana ada sekitar 27 kedai kopi diwilayah Cicalengka yang tergabung, dan juga ikut dimeriahkan dengan para pelaku industri UMKM dari tiga kecamatan (Cicalengka, Tarumanagara, dan Pacet) dan pelaku seni dan Budaya.

Baca Juga:  Pengembangan Budidaya Kakao Bisa Menjadi Konservasi

Melalui kegiatan ini diharapkan selain sebagai ajang silaturahmi, juga seba gai ajang berbagi informasi, sharing antar sesama kedai kopi dan penikmat kopi termasuk dengan para pelaku UMKM.

“Untuk kumpul seperti ini memang susah dan Ini kesempatan untuk silaturahmi dan ini bisa membangun kemitraan dengan pelaku-pelaku seni kreatif diharapkan di Cicalengka punya ekosistem yang baik,” ucapnya.

Dikatakan nya bahwa, “selesai pembukaan dilanjutkan dengan diskusi yang menghadirkan Kang Hadi produser kopi Kareumbi, Ade Abot Produser Kopi Loa, Owner Bonafe Dewi Nur Aeni, dan Abing (Barista), selesai diskusi dilanjutkan dengan pagelaran seni dan budaya dari wilayah kecamatan Cicalengka seperti kaboa, Sada Awi, kareueus,S projects, klub-klub orkes, dan ditutup kesenian pertunjukan teater seperti longser bobodoran,” ungkap M Fazar Nooriman.

Sementara itu Humas kegiatan dari Patriot Desa Qaedi Zul Fahmi menyatakan bahwa, Patriot Desa ini merupakan program unggulan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil khusus program pemberdayaan masyarakat, Event ini dilaksanakan dimana Patriot Desa berperan sebagai pemantik dalam upaya ikut membangkitkan pelaku usaha lokal agar bisa berusaha secara mandiri sehingga perekonomian diharapkan lebih meningkat, termasuk membangkitkan kopi di wilayah cicalengka.

“Sebenarnya ini seri yang ketiga namun beda kemasannya dulu hanya sekedar berbagi dan sharing namun sekarang lebih menonjolkan kopi dan budayanya, memadukan tiga unsur yaitu seni Budaya, UMKM dan kopi, jadi menikmati kopi sambil nonton pertunjukan festival seni budaya sekaligus melihat Potensi UMKM yang cukup menarik,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, 1000 Cup kopi disiapkan secara gratis untuk para pengunjung yang datang di event ini.

Sementara itu Wakil Bupati Bandung H Sahrul Gunawan yang juga hadir cukup mengapresiasi kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa Bandung, Negara Hadir Berikan Keadilan dan Persamaan di Depan Hukum

“Ddiharapkan kegiatan ini bisa memicu wilayah lain untuk termotivasi mengembangkan potensi yang ada disekitarnya, apalagi Pemerintah sedang berupaya dalam mengendalikan inflasi salah satunya adalah bagaimana menjalin kerjasama dengan komunitas atau dengan pihak lainya sesuai dengan program pentahelix bersama sama sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya,” ungkapnya. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *