Esty: Patung Baru Kapten Muslihat Ditargetkan Rampung Desember 2022

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perumahan Dan Permukiman (Disperumkim) akan segera membangun kembali patung tokoh pejuang kemerdekaan, Kapten Muslihat. Dengan penyesuaian lokasi dan tampilan yang baru, desain patung pejuang kemerdekaan tersebut telah disetujui ahli waris.

Persetujuan tersebut disampaikan ahli waris pada rapat agenda pembahasan desain patung Kapten Muslihat dengan Pemkot Bogor beserta sejumlah perwakilan dari legiun veteran, sejarawan dan pemerhati budaya di Jalan Panaragan, Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, Kamis, (6/10/2022) siang.

banner 325x300

Ahli Waris keluarga besar Kapten Muslihat, Yuanita Iskandar Putri mengatakan, sejak awal Pemkot Bogor melalui Disperumkim sudah menjalin komunikasi dengan pihak keluarga ahli waris guna membahas terkait desain baru patung Kapten Muslihat beserta titik lokasi penempatannya.

“Dan Alhamdulillah sekarang sudah disepakati figurnya, bahan materialnya dan tempatnya. Kita dari pihak keluarga sangat senanglah diajak untuk berdiskusi dan berpartisipasi dalam pembuatan patungnya dari almarhum Kapten Muslihat ini,” ujar Yuanita usai mengikuti rapat pembahasan.

Dalam hal ini, Yuanita menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan Pemkot Bogor yang terus memberikan dukungan serta bentuk kepeduliannya terhadap figur pahlawan Kapten Muslihat.

“Alhamdulillah usulan dan saran kita disambut baik oleh pemerintah kota. Alhamdulillah janji dari Disperumkim juga memang akan dibuatkan patung Kapten Muslihat yang lebih bagus, lebih proporsional dan lebih berkarakter. Dan untuk patung yang lama informasinya akan dipindah ke Gedung veteran,” ungkapnya.

Mengenai titik lokasi berdirinya patung Kapten Muslihat yang baru, rencananya akan berada di tengah pertigaan antara Jalan Merdeka dan Jalan Kapten Muslihat (Simpang Irama Nusantara).

Menurut Yuanita, lokasi yang dipilih memang tidak jauh dari lokasi yang menjadi tempat perjuangan Kapten Muslihat dan pihak keluarga pun sangat setuju.

Baca Juga:  Ribuan Warga Saksikan Surken Fest 2022

“Iya Alhamdulillah tempatnya dipilih masih disitu, di tempat peristiwa itu terjadi jadi tidak bergeser terlalu jauh kemana-mana. Dan juga patung yang akan dibuat ini akan sesuai dengan figur almarhum Kapten Muslihat sehingga ada penyesuaian-penyesuaian,” ujarnya.

Menurut ahli waris desain patung yang baru ini akan dibuat semirip mungkin sehingga akan disesuaikan dengan figur Kapten Muslihat sebagai seorang pemimpin muda yang tenang dan berwibawa dalam berjuang dan memimpin pasukan untuk meraih kemerdekaan.

“Ke depan ini bisa menjadi contoh. Jadi filosofinya itu kepemimpinan yang tenang dan berwibawa bisa membawa kearah yang lebih baik. Dan Alhamdulillah semua usulan dari ahli waris dan sejarawan serta budayawan terkait desain patung ini sudah diakomodir semua oleh Pemerintah Kota Bogor,” ujarnya.

Pihak keluarga ahli waris berharap patung ini tidak hanya menjadi lambang pahlawan, tapi bisa menjadi ikon baru di Kota Bogor yang memiliki filosofis bagi generasi selanjutnya.

Sejak dipindahkan pada Agustus 2021 lalu dari lokasi eks Taman Topi, Pemkot Bogor melalui Disperumkim sudah membuat perencanaan yang terbaik untuk Patung Kapten Muslihat dengan mengundang perwakilan dari ahli waris dan para budayawan.

Jejak perjuangan Kapten Muslihat saat ini pun ada di Alun-alun Kota Bogor yang digambarkan dalam sebuah diorama sejarah yang berada di depan Alun-alun Kota Bogor.

Di lokasi yang sama, Kepala Disperumkim Kota Bogor, Juniarti Estiningsih menuturkan, proses perencanaan pembuatan dan pembangunan patung baru Kapten Muslihat ini telah ia matangkan dan komunikasikan dengan para pihak, baik ahli waris, sejarawan dan pemerhati budaya sejak tahun lalu.

Menurut Esty sapaannya, hal itu dilakukan guna memberikan pelayanan terbaik dengan mendengarkan masukan dan saran dari berbagai pihak.

Baca Juga:  Sambut Bulan Suci Ramadan 1443 H, Musnahkan Barang Bukti Hasil Operasi Pekat

“Iya desain patung kita dibantu oleh ahli seni rupa dari ITB. Terus untuk penempatan patung di pertigaan Jembatan Merah pas di depan Irama Nusantara. Memang kalau untuk desain saya kira ada perubahan desain dari kondisi yang awal, tapi intinya kita akan memberikan yang terbaik memberikan yang proporsional terkait dengan sosok Kapten Muslihat ini,” ujarnya

Penempatan Patung Kapten Muslihat di Pertigaan Jalan Merdeka ini selain merupakan tempat terjadinya pertempuran juga agar patung bisa dilihat dari berbagai sisi oleh masyarakat. Sehingga nantinya patung akan dipasang menyerong ke arah Istana Bogor

“Insya Allah ini menjadi suatu ikon tersendiri, khususnya di Kota Bogor dengan adanya patung Kapten muslihat,” katanya.

Saat ini patung yang sudah didesain tersebut sedang dalam proses pembuatan. Rencananya, patung akan dipasang tahun ini dan ditargetkan rampung Desember 2022.

Pembuatan patung Kapten Muslihat yang baru ini, dibuat dengan melibatkan berbagai pihak. Mulai dari ahli waris, budayawan, sejarawan hingga ahli seni rupa. Usulan dan saran para pihak tersebut tentunya didasari pada sejarah Kapten Muslihat, literasi tentang Kapten Muslihat dan lukisan serta gambar tentang Kapten Muslihat.

“Jadi kenapa prosesnya panjang, karena selama ini kita mencari yang terbaik, karena arahan pimpinan pak wali dan pak wakil adalah jangan sembarangan membuat patung, karena patung itu adalah sejarah atau merupakan sosok seorang pahlawan yang ada di Kota Bogor. Jadi harus yang terbaik,” katanya.

Dalam rapat pembahasan desain patung Kapten Muslihat para peserta yang hadir sudah diperlihatkan bentuk dan desain serta rancangan patung. Dalam rapat itu semua yang hadir pun sepakat dan mendukung desain terbaru Patung Kapten Muslihat.

Baca Juga:  Komisi IV Gelar Rapat Perdana Susun Program Kerja Sektor Pendidikan

Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati pada Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zacky mengatakan, telah disepakati dan disetujui serta didukung bahwa patung Kapten Muslihat ditempatkan di taman pertigaan Jalan Merdeka dan Jalan Kapten Muslihat dengan posisi menyerong menghadap Istana Bogor.

Para pihak beserta ahli waris telah sepakat dengan penyesuain desain patung Kapten Muslihat dan lokasi penempatannya.

“Tinggi tubuh patung kapten muslihat kurang lebih 2,5 meter dengan tinggi base patung 1,1 meter dari permukaan taman,” ujarnya.

Untuk wajah patung akan dibuat semirip mungkin dengan menggunakan referensi foto lukisan dan sumber lainya sesuai kesepakatan dengan ahli waris

“Dan untuk patung lama setengah badan akan dipasang di kantor Legiun Veteran Republik Indonesia di Jalan Sudirman,” katanya. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *