Jembatan Cisangkuy Banjaran Akhirnya Diresmikan

Sorotrakyat.com | Bandung –Bupati Bandung Dadang Supriatna meresmikan Jembatan Cisangkuy yang terletak di Desa Kamasan, Kecamatan Banjaran, Kamis (13/10/2022).

Selain menghubungkan dua wilayah, Dadang menilai, keberadaan jembatan tersebut sangat berdampak pada sektor perekonomian dan pendidikan masyarakat setempat.

banner 325x300

“Konstruksi rehab Jembatan Cisangkuy ini berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor. Mudah-mudahan dengan digunakan kembali jembatan ini dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar,” ucap bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu mengajak seluruh masyarakat agar tetap bersinergi melanjutkan pembangunan di Kabupaten Bandung, agar semakin Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera (BEDAS) yang hakiki lahir dan batin.

Tak lupa, bupati menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) serta masyarakat Kabupaten Bandung yang ikut mendukung dan berpartisipasi dalam pembangunan daerahnya.

“Karena berkat dukungan dan sinergitas antara pemerintah dan masyarakat selama ini, Pemerintah Kabupaten Bandung dapat melaksanakan berbagai program dan telah mampu meraih berbagai penghargaan baik di tingkat Provinsi Jawa Barat, tingkat nasional maupun internasional,” terang bupati yang akrab disapa Kang DS itu.

Sementara Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung Zeis Zultaqawa menjelaskan, Jembatan Cisangkuy merupakan salah satu akses strategis dalam pergerakan barang dan jasa, khususnya Soreang – Banjaran.

Adapun kerusakan jembatan penghubung tersebut dikarenakan inflikasi dari peningkatan intensitas volume kendaraan yang berberdampak pada struktur atau konstruksi jembatan.

“Sekitar 30 tahun yang lalu, jembatan ini tidak dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan, sehingga terjadi beberapa kerusakan yang tidak bisa diperbaiki secara parsial,” jelasnya.

Sebelum kembali beroperasi, lanjut Zeis, jembatan yang memiliki panjang 30 meter dan lebar 6 meter tersebut telah melalui uji coba oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Inspeksi Jembatan Otista, Dedie Rachim Ingatkan Kontraktor Pengerjaan Tepat Waktu dan Berkualitas

“Dengan desain dan daya dukung sekarang, Jembatan Cisangkuy mampu untuk menampung beban hingga 150 ton dan hanya merunduk 2,5 cm, itu masih diambang batas tonase beban dari jembatan,” pungkas Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung itu. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *