Teknologi Tepat Guna Nusantara 2022, Pemkab Bandung Raih Empat Penghargaan Kemendes PDTT

Sorotrakyat.com | Cirebon – Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna mendapat apresiasi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia. Apresasi terserbut berupa Penghargaan dan penganugrahan Lencana Bakti Desa Pertama Atas Komitmen dan Kerja Keras Dalam Mendorong Percepatan Pembangunan Desa Sehingga Seluruh Desa di kabupaten Bandung Mencapai Status Desa Berkembang, Maju dan Mandiri.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menerima langsung penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar. Sedangkan Penyerahan Penghargaan ini diumumkan pada kegiatan Gala Dinner Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXIII Tahun 2022 di Pendopo Bupati Cirebon, Kota Cirebon, Selasa (18/10/22).

banner 325x300

Penerimaan penghargaan dari Kemendes PDTT tersebut diungkapkan Bupati Bandung Dadang Supriatna di Soreang Kabupaten Bandung pada Rabu (19/10/022).

“Alhamdulilah, saya menerima apresiasi penghargaan pertama atas komitmen dan kerja keras dalam mendorong percepatan pembangunan desa, sehingga seluruh desa di Kabupaten Bandung mencapai status berkembang maju dan mandiri pada agenda Gelar Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara 2022,” kata Dadang Supriatna.

Tidak hanya bupati, Kepala Desa (Kades) Pangalengan, Agus Salam Rahmat pun menerima anugerah yang sama, yakni Lencana Bakti Desa Pertama dari Mendes PDTT. Sementara Kades Lengkong Kecamatan Bojongsoang Agus Supriatna dan Kades Cibiru Wetan Hadian Supriatna mendapat penghargaan Kategori Strata Desa Mandiri dan Nilai Indeks Desa Membangun (IDM) Tertinggi Nasional dan Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2022 dari Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Menurut Bupati Dadang Supriatna, bertambahnya status desa berkembang, maju dan mandiri di Kabupaten Bandung merupakan salah satu dukungan untuk pembangunan desa-desa di Jawa Barat dan Bupati berharap kedepannyua status desa-desa yang ada di Kabupaten Bandung terus meningkat.

Baca Juga:  Balai Kota Bogor Ditutup Sementara Mulai Besok, 27 ASN Positif

Untuk diketahui, Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan kegiatan tahunan Kemendes PDTT yang bertujuan memasyarakatkan inovasi hasil teknologi tepat guna, sekaligus ajang promosi, dan pertukaran informasi terkait pengembangan, serta pemanfaatan teknologi tepat guna untuk kemajuan ekonomi masyarakat, khususnya di desaserta menjadi ajang pertemuan inovator TTG dengan memamerkan berbagai inovasi yang telah mereka hasilkan.

Gelar pameran TTG ini juga menjadi wadah yang mempertemukan inovator dengan para investor/pengusaha dalam pengembangan TTG di daerah. Karena dukungan kalangan dunia usaha sangat dibutuhkan dalam produksi alat TTG dengan tingkat harga yang terjangkau masyarakat.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar menyampaikan ucapan selamat dan sukses untuk Pemprov Jabar yang telah menuntaskan desa tertinggal dan sangat tertinggal. Tahun 2023 bertambahnya status desa mandiri akan berkonsekuensi pada peningkatan pendanaan. Dengan meningkatnya status lanjut Abdul Halim, pendanaan pun akan ditingkatkan.

“Karena masih banyak yang berpersepsi, desa mandiri berkurang, tapi sebaliknya. Kita berbicara soal pengembangan Suumber Daya Manusia, upaya optimalisasi peningkatan ekonomi warga, juga kesejahteraan. desa mandiri ada pada pemberdayaan masyarakat, bukan lagi pembangunan desa secara konkrit. Untuk itu selamat kepada para peraih penghargaan,” pungkasnya. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *