Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Dreded, Kenang Jasa Pahlawan

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-77 tingkat Kota Bogor digelar khidmat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Jalan Pahlawan, Kota Bogor, Kamis (10/11/2022).

Kegiatan rutin tahunan tabur bunga di makam pahlawan ini menjadi salah satu cara mengenang jasa para pahlawan.

banner 325x300

Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama jajarannya, unsur Forkopimda dan keluarga para pahlawan melakukan tabur bunga dan doa bersama.

“Hari ini kita memperingati hari pahlawan, ada dua kegiatan, upacara di Balai Kota, dan ziarah ke makam pahlawan Dreded,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

Syarifah mengatakan, tujuan tabur bunga dan ziarah ke makam pahlawan ini tentunya untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Terutama bagi generasi sekarang pihaknya terus memberikan pemahaman makna pahlawan yang bisa direnungi dan diimplementasikan dimanapun berada.

“Kita bisa menjadi pahlawan dimanapun kita berada, sebagai ASN, di dunia profesional melalui rasa pengorbanan kita terhadap institusi,” tuturnya.

Sekda menyebut, negara yang besar adalah negara yang tidak pernah melupakan jasa pahlawan dan sejarahnya. Lewat upacara, ziarah, tabur bunga dan menancapkan bendera di makam pahlawan dapat memupuk sekaligus mengingatkan kembali perjuangan Indonesia meraih kemerdekaannya.

“Ziarah, tabur bunga, menancapkan bendera di makam pahlawan ini jadi penggambaran buat kita yang masih hidup bahwa mereka itu saat meninggalnya dihormati sebagai pahlawan oleh penerusnya,” terangnya.

Cucu Letda Purnawirawan CHK Ami Sahaka, Andri Hadi Utomo mengatakan, ia merasa haru dan bangga karena jasa-jasa para pahlawan nasional termasuk kakeknya bisa terus dikenang setiap tahun.

Kakek Letda Purnawirawan CHK Ami Sahaka sendiri berjuang di bagian hukum di peradilan militer karena beliau merupakan seorang jaksa. Ia pun kembali teringat masa-masa kecil bersama kakeknya yang tegas dan sangat melarang anak serta cucunya berkata kasar.

Baca Juga:  Resto dan Tempat Ibadah di Kota Bogor Dibuka, Ini Aturan Terbarunya

“Mudah-mudahan di hari pahlawan ini kita bisa terus mengenang jasa-jasa pahlawan semuanya yang sudah gugur membela Indonesia dan apa yang sudah dikorbankan para pahlawan tidak kita sia-siakan,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *