Pemkab Bandung Raih Raksa Prasada Terbaik Jabar 2022, Gubernur Jabar Berikan Pesan

Sorotrakyat.com | Bandung – Pemerintah Kabupaten Bandung meraih penghargaan Raksa Prasada Terbaik Tingkat Jawa Barat Tahun 2022. Hal tersebut lantaran daerah yang dipimpin Bupati Dadang Supriatna mendapat penghargaan hampir disetiap kategori, diantaranya Proklim (Program Kampung Iklim) dan Sekolah Berbudaya Lingkungan/Adiwiyata tingkat Jabar dan Nasional.

Selain itu, Kabupaten Bandung juga mendapat penghargaan pada kategori Penyusun Terbaik Dokumen IKPLHD (Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah) Tahun 2021 serta Kabupaten/Kota Terbaik Penyelenggara KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis).

banner 325x300

Atas prestasi tersebut, Bupati Dadang Supriatna mengapresiasi seluruh komunitas lingkungan yang turut andil dan telah berkomitmen dalam upaya pelestarian lingkungan Kabupaten Bandung.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung. Semoga penghargaan ini dapat menjadikan motivasi kita semua dalam meningkatkan kualitas pembangunan, khususnya di bidang lingkungan hidup,” ucapnya usai menerima Penghargaan Raksa Prasada Tahun 2022 di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (14/12/2022).

Dalam kesempatan itu, dirinya juga menyoroti terkait upaya Pemkab Bandung dalam mengembalikan lahan kritis, salah satunya dengan menanam tanaman keras.

“Tanaman keras dapat berfungsi untuk mencegah tanah longsor saat musim penghujan seperti saat ini, juga untuk menampung air sebagai cadangan pada musim kemarau,” terangnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu mengajak masyarakat yang berada di dataran tinggi untuk menjadikan tanaman keras sebagai sabuk gunung.

“Kita bisa mengkolaborasikan tanaman keras dengan tanaman lainnya. tentu manfaatnya akan besar, baik bagi lingkungan maupun untuk kesejahteraan para petani yang menanam,” ajak Bupati Dadang Supriatna.

Bersamaan dengan itu, diserahkan pula penghargaan Adiwiyata kepada 87 sekolah tingkat Kabupaten Bandung, sebagai apresiasi kepada sekolah yang telah menunjukan kepedulian terhadap pengelolaan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan indah.

Baca Juga:  Catat! Ada Gebyar UMKM HUT Korem Ke-74, di Alun-alun Selama 2 Hari

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa, Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, penghargaan tersebut merupakan suatu langkah bagi pemerintah daerah serta masyarakat untuk bahu membahu menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan aman.

“Dalam hal ini, Kabupaten Bandung memiliki tantangan yang cukup berat dalam mengatasi lingkungan, tidak hanya dari jumlah penduduknya, namun aktivitas masyarakat. Maka dari itu, Kabupaten Bandung layak menjadi Kabupaten yang terbaik,” ucap Setiawan.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyampaikan kepada kepala daerah dan masyarakat Jawa Barat untuk tetap menjaga kesehatan lingkungan.

“Pesan saya, hidup harus seimbang, termasuk dalam pembangunan infrastruktur. Pembangunan tidak bisa dilawan, tidak bisa dihadang, namun bisa dikendalikan. Boleh membangun industri asal lingkungan dijaga. Mudah-mudahan kita bisa hidup di lingkungan yang nyaman,” ucap Kang Emil. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *