GMPK Gelar Deklarasi, Wadah Cetak Calon Pemimpin Bangsa

Sorotrakyat.com | Depok – Dipenghujung tahun 2022 sejumlah mahasiswa, pelajar dan pemuda kota Depok yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (GMPK) telah melakukan deklarasi. Organisasi GMPK ini dibentuk atas dasar perwujudan nyata peran aktif pemuda-pemudi bangsa dalam upaya melaksanakan amanat reformasi dan cita-cita bangsa Indonesia.

Ketua DPD GMPK Kota Depok, Eka mengatakan bahwa, GMPK berfungsi sebagai organisasi kemasyarakatan, kader, dan kejuangan.

banner 325x300

“Untuk itu, nantinya GMPK dalam melaksanakan kegiatannya bertujuan untuk mewujudkan mahasiswa, pelajar dan pemuda yang intelektual dan berjiwa kepemimpinan dengan ditopang oleh wawasan kebangsaan serta memiliki kemampuan konsepsional dan operasional yang sesuai dengan disiplin ilmu dan pribadinya masing-masing guna pencapaian cita-cita perjuangan bangsa,” ujarnya, Senin (19/,12/2022).

“Setiap mahasiswa, pelajar dan pemuda sebagai penerus bangsa memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk menjadi seorang pemimpin. Maka GMPK hadir sebagai organisasi yang mewadahi sekaligus mencetak calon pemimpin bangsa yang nantinya akan mengisi pos-pos kemerdekaan sesuai dengan porsinya masing-masing,” tambahnya.

Organisasi GMPK itu sendiri sudah berdiri di beberapa daerah dan kini tengah dideklarasikan di beberapa kota. Deklarasi GMPK Depok ini adalah deklarasi yang ke sekian setelah deklarasi yang digelar oleh GMPK Bekasi, GMPK Tangerang Selatan, dan GMPK Bogor.

Nantinya GMPK dalam pencapaian tujuannya akan bergerak di daerahnya masing-masing. Hal ini menjadi bukti bahwa organisasi GMPK memiliki keseriusan dan komitmen yang tinggi dalam mencetak pemuda-pemudi bangsa yang mampu berperan aktif dalam upaya melaksanakan amanat reformasi dan cita-cita bangsa Indonesia

Turut hadir pengurus DPP GMPK, ketua harian, Wilfridus Yons Ebit pada saat acara deklarasi berlangsung. Ia mengatakan, GMPK berfokus kepada gerakan intelektual melalui berbagai kegiatannya.

Baca Juga:  Ribuan Massa Buruh Aksi Unjuk Rasa ke Istana Negara, Balas Kejahatan Pengusaha Hitam dengan MOGOK NASIONAL !!!

“Bersama GMPK para intelektual muda berhimpun dan berproses atas nama upaya pencapaian cita-cita bangsa Indonesia. Berjuang bersama GMPK merupakan suatu kebanggan tersendiri karena di organisasi ini kita dapat menempa kapasitas diri dengan terus mengasah keilmuan dan kemampuan masing-masing anggotanya,” ungkap pria yang kerap disapa Ebit itu.

“Selain daripada itu, terbentuknya GMPK ini juga dilatarbelakangi oleh keresahan mahasiswa, pelajar, dan pemuda atas kondisi bangsa saat ini dimana terdapat persoalan-persoalan yang begitu kompleks. Seperti praktik oligarki kekuasaan, korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang mana hal ini sangatlah melenceng dari amanat reformasi. Maka dari itu GMPK hadir dan berupaya untuk mengembalikan semangat reformasi agar tercapainya penghapusan praktik-praktik KKN dan mengimplementasikan pembatasan kekuasaan yang sejati. Tentu hal itu tidak lah mudah karena perubahan yang besar dimulai dari perubahan yang kecil dan harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu,” ujarnya.

“Jadi, di GMPK terdapat dua poin yang sangat penting, yakni terkait dengan intelektualitas dan semangat reformasi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *