Gempa Magnitudo 7,8 Tewaskan Ratusan Orang Saat Tidur

Kondisi kehancuran dampak dari gempa bumi di Turki (REUTERS/MAHMOUD HASSANO)

Sorotrakyat.com | Ankara – Banyaknya jumlah korban tewas akibat gempa bumi dengan Magnitudo (M) 7,8 yang mengguncang Turki dan Suriah bertambah menjadi lebih dari 1.200 orang.

Dalam kesempatannya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebutkan sedikitnya ada 912 (sembilan ratus dua belas ) orang tewas akibat gempa dahsyat tersebut.

banner 325x300

Seperti dilansir AFP dan CNN, Senin (6/2/2023), Erdogan dalam pernyataan terbaru juga menyebut sekitar 5.383 orang mengalami luka-luka akibat gempa di berbagai wilayah Turki. Erdogan mengakui tidak bisa memprediksi seberapa banyak jumlah korban tewas akan terus bertambah.

Di Suriah, laporan televisi pemerintah Suriah menyebut sedikitnya 386 orang tewas akibat guncangan gempa yang sama. Angka itu mencakup 239 orang di antaranya yang kebanyakan tewas di wilayah Aleppo, Hama, Latakia dan Tartus.

Itu berarti secara total, sedikitnya 1.298 orang tewas di Turki dan Suriah akibat gempa Magnitudo 7,8 yang mengguncang pada Senin (6/2) dini hari, dan diikuti oleh sejumlah gempa susulan itu.

Laporan televisi pemerintah Suriah juga melaporkan sekitar 648 orang mengalami luka-luka di Aleppo, Hama, Latakia dan Tartus. Laporan terpisah oleh kelompok Helm Putih, atau secara resmi disebut sebagai Pertahanan Sipil Suriah, menyebut 340 orang lainnya mengalami luka-luka di area-area yang dikuasai oposisi.
Advertisement

Sementara di Turki, Erdogan mengumumkan bahwa tim-tim penyelamat berhasil menyelamatkan lebih dari 2.400 orang dari balik reruntuhan gedung-gedung yang ambruk akibat gempa.

Ditambahkan juga oleh Erdogan bahwa sekitar 9.000 personel lainnya terus melakukan upaya-upaya pencarian dan penyelamatan saat ini. Tidak diketahui berapa jumlah orang yang tertimbun reruntuhan gedung yang ambruk. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Baca Juga:  Festival UMKM¬†Sumbawa 2022¬† Hadirkan Kuliner Khas Lokal dan Nusantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *