Tingkatkan Hasil Panen, Bersihkan Gulma Dilahan Cabai

Sorotrakyat.com | Batang – Guna meningkatkan hasil panen supaya melimpah, Babinsa Kodim 0736/Batang yang tergabung dalam time penanaman Cabai merah melakukan pembersihan gulma di lahan Demplot Tanaman Cabai milik Kodim 0736/Batang. Jum’at (10/03/2023) dilahan Demplot tanaman cabai merah seluas 2 Ha yang berada di dua lokasi, lokasi pertama berada di Desa Beji Kec. Tulis seluas 1,3 Ha dan lokasi lahan kedua berada di Desa Rowobelang Kec. Batang seluas 0,75 Ha.

Kapten Cpm Joko Wahyono selaku Perwira seksi teritorial yang langsung menangani masalah penanaman cabe menyampaikan. Kegiatan pembersihan gulma yang sekarang di lakukan oleh para Babinsa Kodim 0736/Batang berada di lahan kedua yaitu di Desa Rowobelang Kec. Batang. Pembersisan lahan dari gulma atau rumput liar sangat perlu dilakukan guna mendapatkan bertumbuh kembangnya pohon Cabai yang sempurna.

banner 325x300

Rumput liar atau gulma sangat menganggu pertumbuhan dari sebuah pohon apalagi pohon yang menghasilkan buah seperti pohon Cabai. “Gulma atau rumput liar banyak memakan pupuk yang kita berikan ke pohon Cabai juga banyak menyerap asupan air yang berada didalam tanah,” bebernya.

Banyak yang perlu kita perhatikan dalam tahapan memelihara tanaman, diantaranya meliputi. Tahap pengolahan lahan, melakukan penanaman bibit, melakukan perawatan seperti pemupukan, pemasangan ajir serta pengendalian gulma dan hama hingga saat panen,” ungkapnya.

Apabila dalam pengelolaan tanaman sesuai tahapan tersebut maka akan didapat suatu hasil panen yang sesuai yang diharapkan. Namun demikian ada suatu hal yg tidak bisa dikendalikan oleh petani yaitu cuaca.

“Karena cuaca yang dikawatirkan oleh petani yaitu hujan turun di siang hari antara jam 13.00 s.d 17.00 Wib, hujan disiang hari akan mengakibatkan munculnya suatu hama penyakit pada tanaman, maka mengakibatkan hasil panen tidak dapat maksimal,” jelas Pasiter.

Baca Juga:  SCENE 2021, Diharap Banyak Bermunculan Film-film yang Menginspirasi

“Untuk itu dengan semua tahapan-tahapan yang sudah dilakukan dilahan demplot Tanaman cabai merah Kodim 0736/Batang, mudah mudahan hasil panen nanti bisa semaksimal mungkin sesuai dengan harapan kita semua,” pungkas Kapten Cpm Joko. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *