Lomba Bercerita Bunda Literasi Kecamatan, Bunda Kecamatan Bogor Utara Raih Terbaik 1

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor, Wawan Sanwani secara resmi membuka Lomba Bercerita Bunda Literasi Kecamatan di aula gedung Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor, Senin (13/3/2023).

Dalam sambutannya, Wawan menyampaikan, tingkat minat baca masyarakat di Indonesia diketahui terbilang cukup rendah. Berdasarkan data UNESCO di tahun 2016, Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara di dunia.

banner 325x300

“Salah satu minat baca rendah karena masih terbatas media baca atau taman baca di wilayah. Tapi alhamdulilah saat ini sudah ada perpustakaan Kota Bogor dan ini jadi harapan agar anak-anak hobi membaca dan meningkatkan minat baca, tentunya dengan dukungan wali kota,” katanya.

Wawan berharap mudah-mudahan ke depan perpustakaan Kota Bogor lebih maju, minat baca terus naik dan semua bisa menikmati sarana dan prasarana yang tersedia.

Sementara itu, Bunda literasi Kota Bogor, Yane Ardian menuturkan, Bunda literasi memiliki kewajiban memprofesionalisasikan menyampaikan sebuah cerita. Begitu juga seorang ibu jika menyampaikan kepada anak-anak value atau nilai-nilai sesuai keilmuan, maka anak akan tumbuh dengan baik.

Yane menilai, literasi sangat penting mengingat manfaat literasi dalam kehidupan sangat besar, khususnya di era teknologi dalam genggaman sehingga semuanya mudah mendapat informasi apapun.

“Dengan literasi kita bisa memilah informasi sesuai yang kita butuhkan saja,” katanya.

Lomba Bunda Literasi bercerita ini mengajak masyarakat untuk pandai menyampaikan pesan dan nilai dari buku yang telah dibaca. Sehingga masyarakat lama kelamaan menikmati nikmatnya mendapat ilmu dari sebuah buku.

“Tema Lomba Bunda Literasi bercerita ini mengusung tema sosok inspiratif. Sehingga pendengar bisa mendapat nilai-nilai yang baik dari sosok yang diceritakan tersebut,” jelasnya.

Baca Juga:  Operasi Zebra Lodaya, Kapolsek Citereup Tingkatkan Disiplin Masyarakat Berlalu Lintas dan Protkes

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor, Rudiyana menambahkan, membentuk karakter bisa karena kebiasaan diceritakan atau didongengkan oleh orang tua yang dilakukan sejak dini. Sebab, banyak riset orang yang gemar membaca karena sejak kecil sering didongengkan.

“Kami meyakini membentuk generasi muda yang berkualitas salah satunya dengan literasi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bunda literasi Kota Bogor, Yane Ardian mengumumkan Lomba Bercerita Bunda Literasi Kecamatan. Hasilnya, Terbaik Pertama Bunda Kecamatan Bogor Utara, Edta Septiana, Terbaik Kedua Bunda Kecamatan Bogor Barat, Nunik Nuraeni dan Terbaik Ketiga Bunda Kecamatan Bogor Tengah, Atya Nurfameliana. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *