Latma Tiga Angkatan Bersenjata Indonesia, Australia dan Amerika Serikat Resmi Dibuka

Sorotrakyat.com | Australia – Komandan Komando Utara Gabungan Angkatan Bersenjata Australia Kolonel Laut Mitchell Livingstone secara resmi membuka Latihan Bersama (Latma) Trilateral Crocodile Response 2023 tiga Angkatan Bersenjata meliputi Indonesia, Australia dan Amerika Serikat, dalam suatu upacara pembukaan yang dihadiri oleh seluruh peserta latihan bertempat di 1st Bde ground parade, Robertson Barrack, Darwin Australia, Senin (15/5/2023).

Dalam sambutannya, Kolonel Laut Mitchell Livingstone mengatakan bahwa latihan ini dirancang untuk meningkatkan interoperabilitas antara Angkatan Bersenjata Australia, Amerika Serikat dan Indonesia dalam misi operasi bersama bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

banner 325x300

“Exercise Crocodile Response 2023 merupakan latihan yang sangat penting yang melibatkan Australia, AS, dan Indonesia bekerja sama secara efektif saat terjadi bencana alam,” kata Kolonel Livingstone.

“Selama latihan, para peserta akan mengasah keterampilan pemberian bantuan bencana gabungan yang diaktualisasikan dalam serangkaian skenario latihan seperti tindakan medis, rekonstruksi bangunan dan penjernihan air agar layak konsumsi,” tambahnya.

Sementara itu, Komandan Pasukan Rotasi Marinir Amerika di Darwin Kol. Brendan Sullivan mengungkapkan besarnya tantangan yang dihadapi dalam bencana alam menuntut kemampuan untuk berkoordinasi, kerjasama tim, dan interoperabilitas yang tinggi. “Melalui latihan Crocodile Response mari kita jalin ikatan yang kuat, bangun kepercayaan, dan tingkatkan kemampuan kolektif kita. Bersama-sama kita laksanakan skenario latihan yang kita susun serupa dengan realita yang menuntut untuk bertindak  melampaui batas kemampuan, menguji daya kritis, serta mengatasi segala permasalahan, tegasnya.

Mewakili TNI, Letkol Inf Deden Kurniawan selaku wakil ketua delegasi TNI mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak Australia yang telah menerima delegasi TNI dengan ramah. “Mari kita laksanakan latihan ini secara profesional, antusias dan kerjasama tim,” tutupnya. (Red)

Baca Juga:  Seorang Pria Meninggal Dunia di Pasar Ciawi, Polisi Langsung Olah TKP

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *