Buka MTQ ke-42 dan MQK ke-3 Tingkat Kota Bogor, Dedie Rachim: Tahun ini Insya Allah Rp 110 Miliar kita alokasikan ke kegiatan keagamaan

Dedie Rachim Buka MTQ ke-42 dan MQK ke-3 Tingkat Kota Bogor

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor resmi membuka kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) yang ke-42 dan Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) yang ke-3 untuk tingkat Kota Bogor. Pembukaan dilangsungkan di Gedung PPIB, Jalan Raya Pajajaran, Rabu (9/8/2023).

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim didampingi para kyai, ulama, serta kepala OPD dan camat lurah menabuh bedug tanda MTQ dan MQK tahun 2023 resmi dibuka.

banner 325x300

Sebelum dibuka, Dedie mengatakan bahwa pembangunan di Kota Bogor bukan hanya soal infrastruktur. Komitmen pembangunan lainnya yakni pembangunan manusia, salah satunya lewat kegiatan keagamaan seperti ini.

“Tahun ini Insya Allah Rp 110 Miliar kita alokasikan ke kegiatan keagamaan. Diantara anggaran yang kita tingkatkan itu, tahun ini kita juga mulai lagi kegiatan Bogor Mengaji, meningkatkan insentif guru ngaji sejumlah 3.500 guru ngaji,” jelas Dedie.

Selain itu, Dedie mengingatkan Pemkot Bogor juga berkomitmen meningkatkan sarana prasarana keagamaan, termasuk LPTQ. Hal ini akan membuat banyak anak – anak di Kota Bogor bisa berprestasi dari bidang keagamaan.

“Ke depan kualitas dari penyelenggaraan MTQ dan MQK bisa semakin meningkat, lingkungannya mendukung, semuanya bisa ditingkatkan lagi,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Kesra Setda Kota Bogor, Abdul Wahid melaporkan, MTQ merupakan agenda rutin tiap tahun yang diselenggarakan dari tingkat kecamatan hingga nasional. MTQ bertujuan untuk membumikan Al-Quran serta sebagai syiar Islam.

MTQ tingkat Kota Bogor kali ini mengambil tema ‘MTQ Memperkuat Bogor Sebagai Kota yang Religius Tanpa Harus Kehilangan Kearifan Budaya Lokal’. Dalam MTQ kali ini juga, ada 21 cabang yang dimusabaqohkan.

“Berbarengan dengan MTQ juga diselenggarakan MQK ke-3 tahun 2023 dengan tiga cabang. Dengan total peserta kedua musaqoh tersebut sebanyak 603 orang yang merupakan perwakilan dari enam kecamatan serta perwakilan dari pondok – pondok pesantren salafi yang ada di Kota Bogor,” urainya.

Baca Juga:  Pemkot Bogor Jadi Pilot Project Implementasi e-Materai

Sambung Wahid, ada stand – stand bazar yang memeriahkan MTQ dan MQK yang berdiri di plaza Masjid Raya Bogor. MTQ dan MQK akan berlangsung dari 9 Agustus hingga 12 Agustus 2023. (Red)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *