Kisah Inspiratif Public Speaking Jadi Direktur Hotel Bintang 4 Saat Usia 26 Tahun

Fedri Ramadhan, public speacking sukses mengantarnya jadi direktur saat usia 26 tahun. (Dok. Istimewa)

Sorotrakyat.com | Jakarta – Kisah inspiratif datang dari Presenter TVRI Nasional Fedri Ramadhan. Saat ia berusia 26 tahun sudah menjadi salah seorang direktur hotel bintang 4 di Jakarta, seperti dikatakan Fedri saat diwawancarai pada Kamis (10/8/2023).

Saat tampil jadi Trainer Public Speaking Class bersama Lembaga Pelatihan Merindo – Jakarta untuk ibu–ibu PKK Kabupaten Simalungun – Batam pada 6 Juli lalu, Fedri mengutarakan pengalamannya dalam menekuni public speaking. Dalam 2 jam training yang berlangsung penuh antusias tersebut, Fedri menceritakan skill public speaking-nya yang ia dapatkan sejak Taman Kanak-kanak, membuatnya senang berbicara, membaca puisi, hingga berpidato di depan umum.

banner 325x300

“Dulu saya bersekolah di MIN 2 dan MTsN 14 Kabupaten Tanah Datar dan SMKN 1 Tanjung Baru. Selama sekolah memang hobi saya bicara di depan kelas, aktif di OSIS, suka ikut lomba, hingga jadi penyiar radio, untuk mencukupi kebutuhan bersekolah,” kata Fedri.

Fedri juga menceritakan pengalaman pahit yang pernah ia jalani. Alumni Bidikmisi Fakultas Pariwisata dan Perhotelan – Universitas Negeri Padang (UNP) tersebut harus gedor pintu kantor dan toko orang satu persatu untuk mendapatkan pekerjaan, hingga akhirnya diterima bekerja sambil kuliah.

Presenter TVRI Nasional Fedri Ramadhan.

Seperti dijelaskan Fedri, ia lahir dan dibesarkan dari keluarga sederhana. Awal berkarir, saat berusia 18 tahun Fedri jadi ticketing salah satu agen travel di Padang.

“Saya inget betul, malam-malam kehujanan saya gedor pintu kantor orang satu persatu. Meski masih sangat muda, saya berhasil meyakinkan dengan ilmu komunikasi yang baik, akhirnya diterima di Ketaping Jaya Tours – Padang sebagai ticketing,” kata Fedri.

Dengan gaji Rp600 Ribu per bulan sebagai ticketing, Fedri membiayai kuliahnya. Waktu itu, ia juga menanggung pengobatan ibunya yang menderita diabetes, hingga akhirnya ia berhasil wisuda pada tahun 2016.

Baca Juga:  Bangun Karakter Anak-Anak di Perbatasan Papua

Usai menuntaskan studi strata satunya, alumni Pemenang Mahasiswa Berprestasi – UNP tersebut melanjutkan karirnya di Jakarta. Berbekal ilmu komunikasi khususnya public speaking yang baik, Fedri berkesempatan untuk bekerja pada beberapa hotel di Jakarta. Hingga pada usia 26 tahun, Fedri berhasil menjadi salah seorang Direktur Penjualan dan Pemasaran pada hotel bintang 4 di Jakarta Pusat.

“Memang gak kepikiran sama sekali, awalnya ngelamar hanya sebagai supervisor biasa, tapi mungkin karena dinilai meyakinkan, owner perusahaan mempercayakan saya menjadi salah seorang untuk jajaran direksi, dengan salary yang tidak pernah saya bayangkan seumur hidup saya,” kata Fedri.

Menurut Fedri, public speaking telah membawanya ke percepatan karir yang sangat baik. Selain sebagai Presenter TVRI Nasional, di usianya 29 tahun saat sekarang ini Fedri juga dosen pada salah satu Kampus Pariwisata di Jakarta, dan juga CEO Tunggal Mantiko Group Indonesia. Dengan ilmu public speaking yang ia miliki, kini Fedri terus mengembangkan 6 perusahaan start up miliknya.

“Jangan Pernah berhenti berbicara. Ketika apa yang kamu bicarakan itu dibutuhkan, bahkan bermanfaat untukmu dan orang di sekitarmu. Kurangi gengsi, dan saat masih muda jangan takut malu-maluin, biar nanti saat jadi orang besar gak malu-maluin lagi,” kata Fedri.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

Editor & Penerbit : Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *