Grand Final Pasanggiri Moka 2023, Jadi ‘Agent of Change’

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Grand Final Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2023 dihadiri oleh ratusan pendukung para finalis yang turut serta meramaikan acara yang dilaksanakan di IPB International Convention Center, Sabtu (2/9/2023).

Pembukaan malam Grand Final Pasanggiri Moka 2023 ini diisi dengan penampilan tarian tradisional dan musik tradisional serta penampilan dari 30 finalis.

banner 325x300

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para orangtua dan seluruh finalis.

Para finalis ini sudah lolos dari tahapan sebelumnya yang memiliki kualifikasi yang baik sehingga memiliki kemampuan diri yang baik dalam menyampaikan ide, gagasan dan pemikirannya untuk Kota Bogor ke depan.

“Kami dari Pemkot berharap ke 30 ini dan juga Moka sebelumnya karena ada paguyubannya, kita berharap ini jadi agent of change, menjadi duta-duta Kota Bogor. Karena tidak mungkin pemerintah berjalan sendiri. Tidak mungkin kita para orangtua tidak ada regenerasi untuk selanjutnya mempromosikan Kota Bogor, maka ini adalah agent of changenya Kota Bogor,” jelasnya.

Kemajuan suatu bangsa, suatu negara atau daerah saat ini tidak hanya dilihat dari cadangan sumber daya alamnya, tapi juga bagaimana suatu negara wilayah memiliki identitas dan pengembangan pariwisatanya.

Seperti halnya Kota Bogor, saat ini sebagian besar penghasilan Kota Bogor dihasilkan dari perdagangan dan jasa yang didalamnya termasuk pariwisata.

“Karena dengan pariwisata bisa mengembangkan semuanya. Daerah yang mengunggulkan wisata daerah itu tidak boleh kotor, tidak boleh banyak sampah karena itu akan ada propaganda negatif. Tidak boleh ada macet, tidak boleh ada pencemaran lingkungan. Jadi yang disampaikan finalis moka ini adalah pemikiran-pemikiran ke depan sebagai agent of change,” katanya.

Baca Juga:  Sekitar 700 Orang Jadi Korban Gempa Magnitudo 5,6 dan 46 Meninggal Dunia di Cianjur

Seperti yang disampaikan oleh para finalis Moka 2023 dalam Q&A yang merupakan babak akhir dari Grand Finalis. Para peserta menyampaikan gagasan dan pemikirannya tentang menjaga lingkungan, merawat kebudayaan, sistem transportasi, pengembangan diri, pengembangan anak-anak muda dan sebagainya.

Setelah melalui proses panjang semua tahapan hingga pada Grand Final, J06 dengan nama Maheswara Yogha Putra Al Ardha dan M29 dengan nama Alfath Alima Hakim berhasil meraih Mojang Jajaka Kota Bogor Pinilih 2023. Selain itu juga terpilih para wakil dan duta-duta yang dari ke 30 finalis.

Penyematan dan pemberian hadiah kepada pemenang diberikan langsung oleh Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah disaksikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Iceu Pujiati dan seluruh tamu undangan serta para sponsor. (Red)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *