Bahas Pengembangan Ekraf di Kota Bogor, Rombongan Disparbud Temui Dr. Kun

Jajaran pejabat Disparbud Kota Bogor foto bersama di depan kediaman Dr. Kun.

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparbud) Kota Bogor, yang dipimpin Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Ervin, SE, beserta rombongan menyambangi kediaman Dr. Kun Nurachadijat, Senin, 11 September 2023.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi sekaligus berdiskusi terkait pengembangan Ekraf di Kota Bogor. Dalam diskusi tersebut, Dr. Kun menyampaikan beberapa masukan dan saran untuk pengembangan Ekraf di Kota Bogor.

banner 325x300

“Pemerintah kota harus serius dalam pengembangan Ekraf. Jangan hanya sekadar formalitas,” tegas Dr. Kun.

Menurut Dr. Kun, pemkot Bandung merupakan contoh yang baik dalam pengembangan Ekraf. Hal ini ditandai dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) tentang Ekraf yang telah disahkan.

“Pemkot Bandung telah memiliki Perda Ekraf, sementara Kota Bogor belum. Ini perlu segera dilakukan,” kata Dr. Kun.

rombongan Disparbud saat berdiskusi di kediaman Dr. Kun Nurachadijat, Senin, 11 September 2023.

Selain itu, Dr. Kun juga menyarankan agar pemerintah kota meluruskan definisi Ekraf. Menurutnya, Ekraf bukan hanya sekadar bisnis yang menghasilkan komoditi (barang dan jasa) yang memiliki nilai tambah.

“Ekraf adalah komoditi yang bernilai tambahnya ada unsur rekayasa otaknya,” jelas Dr. Kun.

Masukan dan saran dari Dr. Kun tersebut diapresiasi oleh Kabid Ekraf Ervin. Menurut Ervin, kunjungan tersebut membuahkan tiga kesimpulan yang operasional dan solusi strategis bagi konsep pengembangan Ekraf ke depan.

“Kunjungan ini menunjukkan bahwa pemerintah kota, khususnya bidang Ekraf disparbud, menjemput bola ke tokoh-tokoh masyarakat. Kami sebagai ASN justru harus lebih melayani lagi,” ujar Ervin.

Ervin juga mengatakan bahwa dirinya dan Dr. Kun memiliki hubungan personal yang baik. Keduanya sama-sama pernah terpilih sebagai Jajaka Kota Bogor di masa muda.

“Saya dengan Kun itu sama-sama waktu muda dulu terpilih Jajaka Kota Bogor, saya 1990 sedangkan Kun 1995,” kata Ervin disambut tawa rombongan. (Red)

Baca Juga:  Aktifis Keagamaan Ikuti Training Paralegal yang Digelar LBH Hidayatullah dan DPW Hidayatullah Papua

Editor & Penerbit: Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *