Jembatan Otista Bogor Resmi Dibuka, Macet Tersolusikan?

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Jembatan Otto Iskandar Dinata (Otista) di Kota Bogor, Jawa Barat, resmi dibuka kembali untuk umum pada Selasa, 19 Desember 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jembatan tersebut setelah selesai dilakukan pelebaran.

Pelebaran Jembatan Otista dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. Jembatan yang dibangun pada tahun 1920 itu memiliki lebar hanya 6 meter, sehingga tidak mampu menampung volume kendaraan yang terus meningkat.

banner 325x300

Dengan pelebaran menjadi 12 meter, Jembatan Otista kini memiliki kapasitas yang lebih besar. Jokowi berharap, jembatan ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan di Kota Bogor.

“Jembatan ini—Jembatan Otista ini salah satu menjadi problem di Kota Bogor, karena setelah (jalanan) melebar, menyempit di jembatan ini,” ucap Jokowi dalam keterangannya di hadapan awak media usai peresmian.

Selain pelebaran, jembatan ini juga diperkuat konstruksinya. Jokowi menilai, jembatan ini kini memiliki konstruksi yang lebih baik dibanding sebelumnya.

“Sehingga kalau kita lihat sekarang saya kira lebih dari cukup,” imbuhnya.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi Pemkot Bogor yang tetap mempertahankan ciri khas Jembatan Otista yang telah ada sejak tahun 1920.

“Tetap dijaga tadi saya juga ke bawah melihat, konstruksi lengkung itu tetap tidak dihilangkan,” ungkapnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya menjelaskan, pembangunan pelebaran Jembatan Otista dilaksanakan selama 7,5 bulan. Bima berharap, jembatan ini dapat menopang arus lalu lintas serta perekonomian warga sekitar.

“Mudah-mudahan lancarnya jembatan ini membukakan rezeki yang lebih luas lagi bagi seluruh warga,” tandasnya. (red)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Baca Juga:  Situ Cigayonggong, Situ Wisata Peninggalan Kolonial Belanda yang Kini Tertutup Eceng Gondok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *