Forum TBM Sumbar Kukuhkan kepengurusan Baru dan Gelar Talkshow Literasi

Suasana acara pengukuhan Kepengurusan Wilayah Forum Taman Bacaan Masyarakat Sumatera Barat Periode 2023 - 2028 dan Talkshow Literasi. (Dok. Istimewa)

Sorotrakyat.com | Bukittinggi – Forum Taman Bacaan Masyarakat Sumatera Barat (Forum TBM Sumbar) baru-baru ini mengukuhkan kepengurusan baru untuk periode 2023-2028. Acara pengukuhan tersebut diadakan pada Selasa (9/1/2024) di Lantai Dasar UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Bukittinggi. Dalam acara tersebut, para pejabat pemerintah dan stakeholder lainnya dari berbagai daerah turut hadir baik secara daring maupun luring.

Kepala Balai Bahasa Sumatera Barat, Dr. Eva Krisna, M.Hum., Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Fadrizal), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, serta Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Sumatra Barat juga turut hadir dalam acara tersebut.

Ketua Pengurus Pusat Forum TBM Indonesia, Opik, menyampaikan, “pengurus wilayah Forum TBM Sumbar dikukuhkan berdasarkan hasil musyawarah besar pada 3 Desember 2023. Ia juga menjelaskan bahwa Forum TBM Sumbar baru memiliki tiga kepengurusan daerah, sementara kepengurusan daerah di kabupaten dan kota lainnya belum terbentuk, “ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua Forum TBM Sumbar periode sebelumnya, Yusrizal KW, menyatakan optimis bahwa pengurus wilayah Forum TBM Sumbar periode 2023-2028 dapat berkontribusi lebih banyak untuk gerakan literasi di Sumatera Barat,” katanya.

Sementara itu, Hasan Achari Haharap, ketua pengurus wilayah Forum TBM Sumatera Barat periode 2023-2028, menekankan, “pentingnya kolaborasi dan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam memajukan gerakan literasi,” tegasnya.

Setelah pengukuhan kepengurusan, dilanjutkan dengan acara Talkshow Literasi yang mengusung tema “Berkolaborasi dan Bersinergi Membangun Masyarakat yang Literat.” Talkshow tersebut menampilkan beberapa pembicara yang mengulas pengalaman mereka dalam kegiatan literasi, seperti kampanye kesadaran akan pentingnya literasi bagi masyarakat.

Semua pihak yang hadir berharap agar kepengurusan baru Forum TBM Sumbar dapat membawa dampak positif dan memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan minat baca dan literasi masyarakat. Semoga kolaborasi antara pemerintah, lembaga sastra, dan masyarakat dapat terus didorong guna menciptakan masyarakat yang lebih literat di masa depan. (Muhammad Fadhli)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Exit mobile version