Aksi Geulis: Gerak Cepat Pemkot Bogor Tanggulangi TBC Tertinggi di Jawa Barat

Aksi Geulis: Gerak Cepat Pemkot Bogor Tanggulangi TBC Tertinggi di Jawa Barat

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah, mengingatkan aparatur wilayah dan puskesmas untuk bergerak cepat dalam menanggulangi TBC (tuberkulosis) dengan inovasi Aksi Geulis (Akselerasi Gerakan Eliminasi Tuberkulosis).

“Menjadi kewajiban kita untuk mengkoordinasikan semua unsur masyarakat sebagai antisipasi. Kasus TBC di Kota Bogor tertinggi di Jawa Barat dan Jawa Barat tertinggi di Indonesia. Ini harus segera ditangani,” tegas Syarifah saat rapat koordinasi lintas program dan lintas sektor penanggulangan TBC di Balai Kota Bogor.

banner 325x300

Dampak TBC dan Tantangan Penanganannya

Syarifah menjelaskan bahwa TBC bisa sembuh dengan minum obat rutin selama 6 bulan tanpa berhenti. Biaya pengobatan TBC tergolong tinggi, yaitu Rp 250 juta per pasien selama satu tahun.

“Dampak TBC sangat besar. Penderita TBC akan lemah dan mudah terkena penyakit lain, termasuk stunting. Penanganan TBC harus di treking dan dipastikan obatnya diminum. Untuk itu, Dinkes Kota Bogor membuat inovasi Si Geulis,” paparnya.

Si Geulis: Inovasi Memantau dan Mengendalikan TBC

Si Geulis adalah aplikasi yang membantu dalam memantau dan mengendalikan penyebaran TBC di Kota Bogor. Semua wilayah di Kota Bogor telah diberikan akun Si Geulis untuk mengisi data terkait TBC.

“Monitoring dan evaluasi terkait TBC terus dilakukan agar penyebarannya tidak semakin luas dan dapat ditangani lebih cepat. Warga yang sudah terkena TBC wajib minum obat secara rutin agar warga di wilayahnya terhindar dan sehat semua,” ujar Sekda.

Rencana Aksi Daerah untuk Eliminasi TBC

Berdasarkan Perwali Bogor Nomor 18 Tahun 2023, rencana aksi daerah dalam percepatan eliminasi TBC di Kota Bogor meliputi:

  • Penguatan komitmen dan kepemimpinan Pemkot Bogor
  • Peningkatan akses layanan yang bermutu dan berpihak pada pasien TBC
  • Intensifikasi upaya kesehatan dalam rangka percepat eliminasi TBC
  • Peningkatan penelitian, pengembangan dan inovasi di bidang percepatan eliminasi TBC
  • Peningkatan peran serta komunitas, pemangku kepentingan dan multi sektor lainnya
    (DR)
    Editor & Penerbit: Den.Mj
Baca Juga:  Komisi IV Bersama Disdik, Bahas Tunggakan Gaji Guru, PTM dan Kepesertaan BPJS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *