Semangat Kanjeng Dalem Sholawat Masih Bergema: Ribuan Masyarakat dan Para Pimpinan Hadiri Haul Ke 152 Pendiri Bogor

Ribuan Masyarakat Bersatu di Haul Kanjeng Dalem Sholawat: Memperingati Pendiri Bogor yang Inspiratif

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Ribuan masyarakat dari berbagai daerah tumpah ruah menghadiri peringatan Haul Raden Adipati Aria Suriawinata (Kangjeng Dalem Sholawat) atau Raden Muhammad Sirodj, pendiri wilayah Bogor, pada Sabtu (25/05/2024) malam. Acara yang diselenggarakan di Masjid At-Tohiriyah Empang, Kota Bogor, ini menjadi bukti penghormatan dan kecintaan masyarakat terhadap sosok inspiratif Kanjeng Dalem Sholawat.

Pendiri Bogor Diingat, Masyarakat Antusias Hadiri Haul Kanjeng Dalem Sholawat

Semangat Pendiri Membawa Inspirasi

banner 325x300

Masyarakat dari berbagai daerah, termasuk Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Sumedang, turut hadir dalam acara Haul yang ke-152 ini. Antusiasme mereka menunjukkan bahwa semangat dan nilai-nilai yang ditanamkan Kanjeng Dalem Sholawat masih relevan dan menginspirasi hingga saat ini.

Dukungan Pimpinan Kota dan Kabupaten Bogor

Kehadiran Pj Walikota Bogor, Hery Antasari, dan Pj Sekda Kabupaten Bogor, Ir Suryanto Putra MSi, mewakili Pj Bupati Bogor, bakal calon Wali Kota Bogor Sendi Fardiansyah, menambah kemeriahan acara Haul. Hal ini menjadi bukti komitmen dan perhatian pemerintah daerah terhadap sosok pendiri Bogor yang berjasa besar.

Kanjeng Dalem Sholawat: Suri Teladan dan Simbol Budaya

Ustadz Raden Muhammad Padmanegara, Ketua Harian DKM Masjid At-Tohiriyah Empang Kota Bogor, menyampaikan rasa syukur atas antusiasme masyarakat dan kehadiran pimpinan daerah. Beliau mengajak masyarakat untuk meneladani perjalanan syiar dan kepemimpinan Kanjeng Dalem Sholawat yang masih menjadi budaya dan nilai-nilai penting dalam kehidupan masyarakat.

Acara Haul Kanjeng Dalem Sholawat memberikan semangat dan nilai-nilai yang diwariskannya, diharapkan terus menginspirasi generasi penerus. Ustadz Raden Muhammad Padmanegara juga menyampaikan, “kami atas nama keluarga besar beserta panitia acara memohon maaf atas kekurangan dalam penyelenggaraan acara, dan berharap Haul Kanjeng Dalem Sholawat dapat terus berlangsung di tahun-tahun berikutnya,” ungkapnya.

Baca Juga:  24 Pemohon Sertifikat Alami Kerugian Rp.10 Miliyar, 6 Pelaku Mafia Tanah Dirungkus Polres Bogor

Dalam momentum acara haol kali ini juga digelar sejumlah artefak peninggalan Kanjeng Dalem Sholawat oleh panitia acara, yang disambut oleh antusias masyarakat bergantian menyaksikan sejumlah Artefak barang-barang sejarah peninggalan Kanjeng Dalem Sholawat.

Usia rangkaian di acara haol, dalam kesempatannya bakal calon Wali Kota Bogor Sendi Fardiansyah kepada awak media sorotrakyat.com menyampaikan, “hari ini saya menghadiri peringatan ke-152 Kanjeng Dalem Sholawat, Alhamdulillah ini merupakan pengingat bagi kita semua tentang keagamaan juga kebudayaan yang ada di kota Bogor khususnya budaya Sunda yang memang dulu Kajeng Dalem Sholawat Raden Arya itu mengawali pemerintahan di kota Bogor,” ucapanya.

Kang Sendi sapaan akrabnya juga memberikan pesan kepada seluruh masyarakat khusus warga Kota Bogor. “Saya kira masyarakat kota Bogor tidak boleh melupakan sejarah dan akar budayanya, maka kedepan acara seperti ini ataupun pendidikan berkaitan dengan kebudayaan Sunda itu harus selalu digaungkan kepada masyarakat generasi muda agar tidak terlupakan,” pungkasnya. (DR)

Editor & Penerbit: Den.Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *