Hipakad Kota Bogor Gelar Donor Darah Peduli Thalasemia, 51 Kantung Darah Terkumpul untuk Menyelamatkan Nyawa

Hipakad Kota Bogor Gelar Donor Darah Peduli Thalasemia

Sorotrakyat.com | Kota Bogor – Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Kota Bogor bersama PMI (Palang Merah Indonesia) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama dengan menggelar aksi donor darah bertempat di halaman Sekretariat Hipakad, Jl. Merdeka No.56, Kota Bogor, Jawa Barat. Acara yang berlangsung pada Minggu pagi, 9 Juni 2024 ini berhasil mengumpulkan 51 kantung darah yang nantinya akan disalurkan kepada para penyandang thalasemia di wilayah Bogor.

Ketua Hipakad Kota Bogor, Dede Suhendar Dinata, mengungkapkan rasa syukur atas antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan donor darah ini. “Alhamdulillah, acara donor darah hari ini berjalan lancar dan tercapai target yang diharapkan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, baik para pendonor darah, maupun para tamu undangan,” ujar Dede.

banner 325x300

Lebih lanjut, Dede menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bentuk komitmen Hipakad dalam membantu meringankan beban para penyandang thalasemia yang membutuhkan transfusi darah secara rutin. “Thalasemia adalah penyakit yang membutuhkan transfusi darah secara berkala. Oleh karena itu, kami ingin membantu mereka dengan menyediakan akses terhadap darah yang aman dan mudah dijangkau,” tutur Dede.

Acara donor darah Hipakad Kota Bogor ini turut dihadiri oleh berbagai instansi terkait, antara lain Korem 061/Sk, Kodim 0606/Kota Bogor, Koramil Bogor Timur, Polsek Bogor Barat, Polsek Bogor Timur, Polresta Bogor Kota, Ormas PPAD, P3AU, KBPP Polri, KPMP, FKPPI, Forkom Bela Negara, dan Polmas. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan dan komitmen bersama dalam membantu para penyandang thalasemia.

Dede berharap kegiatan donor darah ini dapat menjadi agenda rutin Hipakad Kota Bogor dan dapat menginspirasi organisasi lainnya untuk melakukan kegiatan serupa. “Mari kita bersama-sama membantu mereka yang membutuhkan dengan mendonorkan darah. Satu kantung darah dapat menyelamatkan nyawa,” ajak Dede.

Baca Juga:  DPRD Kota Bogor Gelar Paripurna Pengesahan Raperda PP-APBD 2020

Ketua Hipakad Kota Bogor juga menjelaskan tentang Thalasemia adalah penyakit keturunan yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam jumlah yang cukup.
“Hal ini dapat mengakibatkan anemia, kelelahan, dan komplikasi kesehatan lainnya. Donor darah merupakan salah satu cara untuk membantu para penyandang thalasemia mendapatkan darah yang mereka butuhkan,” terangnya.

Nampak hadir juga dalam kegiatan tersebut Danramil Bogor Timur Kapten Heru Susilo, kepada sorotrakyat.com menyampaikan bahwa, “acara donor darah Hipakad Kota Bogor ini merupakan contoh positif dari kegiatan sosial yang dapat dilakukan oleh organisasi masyarakat. Diharapkan kegiatan ini dapat menginspirasi organisasi lain untuk melakukan kegiatan serupa dan membantu masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Kapten Heru. (DR)

Editor & Penerbit: Den. Mj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *